Buka Lomba Sumpit Dandim Cup, Bupati Martin: Senjata Tradisional Masyarakat Kalimantan

Buka Lomba Sumpit Dandim Cup, Bupati Martin: Senjata Tradisional Masyarakat Kalimantan

KalbarOnline, Ketapang – Bupati Ketapang Martin Rantan membuka lomba Sumpit Dandim Cup dalam rangka HUT ke-76 TNI yang berlangsung di Lapangan Sepak Bola Makodim 1203 Ketapang, Sabtu, 2 Oktober 2021.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Martin mengucapkan selamat dan sukses kepada TNI yang berulang tahun ke-76. Martin berharap, ke depan TNI semakin dicintai rakyat, dan tetap menjadi garda terdepan dalam menjaga integrasi bangsa Indonesia.

“Semoga TNI semakin maju dan jaya sebagai garda terdepan dalam menjaga kedaulatan NKRI serta makin mencintai dan dicintai rakyat dan bersama rakyat TNI kuat,” katanya.

Baca Juga :  Pimpin Apel Gabungan, Sekda Ketapang Alexander Wilyo: ASN Harus Jadi Teladan Masyarakat

Mengenai lomba sumpit yang digelar Kodim, kata Martin, sumpit merupakan senjata tradisional masyarakat Kalimantan yang digunakan sebagai alat berburu dan melawan penjajah.

Namun, seiring perkembangan jaman sumpit mengalami perubahan fungsi sebagai seni ketangkasan tradisional yang tidak hanya diperlombakan di tingkat daerah dan nasional tetapi juga di tingkat internasional.

“Pemerintah Kabupaten Ketapang sangat mengapresiasi sekaligus menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan oleh Kodim 1203 Ketapang bersama Dispora Ketapang serta pihak-pihak terkait lainnya, yang mana telah berperan aktif dalam menyelenggarakan perlombaan olahraga tradisional ini,” katanya.

Baca Juga :  Februari 2024, Inflasi Kabupaten Ketapang Tetap Terkendali, Namun Harga Makanan Naik

Martin Rantan juga mengingatkan kepada peserta dan semua yang hadir serta seluruh masyarakat Kabupaten Ketapang agar bisa mengikuti vaksinasi.

“Saya selaku Bupati Ketapang mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Ketapang khususnya yang hadir pada hari ini agar melakukan vaksinasi supaya tercipta kekebalan tubuh sehingga terhindar dari penularan covid-19,” katanya. (Adi LC)

Comment