Midji Minta Kepala Daerah Pahami Soal Alokasi Vaksin

Midji Minta Kepala Daerah Pahami Soal Alokasi Vaksin

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengatakan bahwa alokasi vaksin di setiap kabupaten/kota ditentukan oleh Kementerian Kesehatan bukan oleh Gubernur. Bahkan, kata Midji, stok vaksin di suatu daerah bisa dipantau secara detail melalui aplikasi SMILE. Hal ini seakan menjawab pernyataan Bupati Landak Karolin Margret Natasa.

“Jadi kalau ada kepala daerah bilang Pemerintah Provinsi tak adil dalam membagi vaksin, berarti tidak paham tentang sistem distribusi vaksin,” tulis Gubernur Kalbar Sutarmidji melalui akun Facebook resminya.

Baca Juga :  Harisson: Rajut Kebersamaan Umat Kristiani, Bangun Kalbar Lebih Baik

Menurutnya, Bupati/Wali Kota harus paham mengenai alokasi vaksin di setiap kabupaten/kota yang ditentukan oleh Kementerian Kesehatan. Kata Midji, sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri, Gubernur diperbolehkan merealokasi vaksin yang dialokasikan untuk kabupaten/kota.

“Kalau ada misalkan daerah yang mendapatkan vaksin banyak, tapi vaksinasinya lamban, maka Gubernur boleh merealokasi stok vaksinnya ke daerah lain yang pelaksanaan vaksinasinya tinggi. Ayo berlombalah vaksin masyarakatnya agar daerah kita lebih mudah tangani Covid-19,” katanya.

Dalam postingan yang dilengkapi foto bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin itu, Midji turut menceritakan bahwa dirinya dan Menkes Budi cukup banyak berdiskusi tentang penanganan di bidang kesehatan.

Baca Juga :  Edi Kamtono Sebut Faktor Ekonomi Global Pengaruhi Volume Anggaran

“Termasuk penanganan covid, peningkatan kualitas laboratorium, mencetak SDM unggul di bidang kesehatan,” katanya.

Dia pun mengucap syukur atas dukungan Menteri Kesehatan untuk percepatan cakupan vaksinasi di Kalbar. Dalam dua hari, sebanyak 400 ribu lebih dosis vaksin yang dikirimkan Kementerian Kesehatan ke Kalbar. Untuk itu dia meminta agar daerah tingkat II untuk semangat melaksanakan vaksinasi.

“Beliau juga janji segera suplai lagi dan sangat tergantung kecepatan daerah menggunakan vaksin,” katanya.

Comment