by

AHY: Demokrat Terus Dorong Pemerintah Hadirkan Kebijakan Pro Rakyat Pulihkan Ekonomi

AHY: Demokrat Terus Dorong Pemerintah Hadirkan Kebijakan Pro Rakyat Pulihkan Ekonomi

Kontribusi Demokrat selamatkan Indonesia dari Pandemi sekaligus pulihkan ekonomi rakyat

KalbarOnline, Pontianak – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memastikan partai yang dikomandoinya itu terus berupaya memberikan kontribusi dalam rangka menyelematkan Indonesia dari pandemi sekaligus memulihkan ekonomi rakyat.

“Sejak awal pandemi masuk ke Indonesia, kami lantang menyuarakan melalui ruang-ruang parlemen termasuk di Kalbar dan di ruang-ruang publik,” kata AHY kepada wartawan usai mengunjungi Fraksi Demokrat DPRD Kalimantan Barat, Rabu, 22 September 2021.

Kata AHY, hal itu dimaksudkan agar negara benar-benar hadir di tengah masyarakat. Pemerintah bisa fokus termasuk melakukan realokasi dan refocusing anggaran yang semula misalnya dilakukan untuk pembangunan fisik tapi dialihkan untuk penanganan Covid-19.

“Karena di masa pandemi ini seyogyanya anggaran yang besar itu disalurkan untuk menyelamatkan jiwa manusia. Makanya kita dorong, kita dukung dan kita kawal,” tegasnya.

Tak hanya mendukung dan mengawal penanganan Covid-19 yang dilakukan Pemerintah, Demokrat juga terus mengevaluasi bahkan memberikan kritik yang konstruktif kepada Pemerintah. Sebab, kata AHY, pandemi merupakan sesuatu yang luar biasa dan memerlukan suatu upaya yang luar biasa pula serta melibatkan semua unsur termasuk partai politik.

“Demokrat ingin mengambil peran itu. Jadi kalau ditanya apa yang belum bisa sepenuhnya kita lakukan, tentu masih banyak hal. Termasuk bagaimana kita meyakinkan bahwa program vaksinasi ini bisa diselenggarakan secara masif dan sistematis. Karena kita berharap mencapai herd immunity (kekebalan kelompok), 70 persen warga kita bisa divaksin dengan baik sehingga memiliki daya tahan dan imunitas dengan baik secara kolektif,” kata dia.

Demokrat juga, kata AHY, terus mendukung segala upaya Pemerintah untuk meningkatkan kapasitas rumah sakit, fasilitas kesehatan pendukung, dan tenaga kesehatan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya gelombang ketiga Covid-19.

“Ingat, mengapa gelombang kedua pada tiga atau empat bulan lalu itu benar-benar menjadi ledakan. Banyak sekali yang menjadi korban, ribuan orang setiap hari meninggal. Karena ketidaksiapan kita dalam aspek kapasitas rumah sakit, faskes pendukung, tenaga kesehatan dan lain-lain,” kata dia.

Menurutnya, ketika Varian Delta masuk di India, Indonesia terbilang terlambat dalam hal antisipasi. Ke depan dia berharap hal itu tak kembali terjadi.

“Kita berharap tidak ada gelombang ketiga yang tidak bisa kita prediksi dan tidak kita siapkan, kita tahu sekarang ada varian MU, jangan sampai ada mutasi varian lain yang juga sangat berbahaya tapi kita tidak siap baik secara mental maupun kapasitas kesehatan kita,” kata AHY.

Di sektor ekonomi, Demokrat terus mendorong agar Pemerintah menghadirkan kebijakan pro rakyat. Menurutnya, banyak sekali masyarakat kategori miskin dan tidak mampu yang terdampak.

“Kepada mereka harus kita berikan jaring pengaman sosial, karena memang mereka sangat terdampak, kehilangan pekerjaan, di-PHK, dirumahkan kemudian gulung tikar usahanya dan lain-lain, ini harus kita berikan atensi dan juga bantuan,” kata dia.

Putra Presiden RI keenam ini juga terus mendorong Pemerintah betul-betul memperhatikan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Sebab, kata AHY, UMKM merupakan rumah besar bagi hampir 90 persen tenaga kerja Indonesia yang jumlahnya sangat banyak dan sangat terpukul di masa pandemi ini.

“Apalagi bagi mereka yang tidak memiliki kemampuan untuk melakukan transformasi digital. Bagi mereka yang sudah bisa masuk ke platform online atau transaksi online mungkin tidak terlalu terdampak, artinya bisa tetap mendapat keuntungan, tapi banyak sekali yang tidak memiliki akses dan kemampuan untuk bertransformasi menjadi usaha-usaha yang sifatnya digital,” kata dia.

“Kepada mereka kita harus berikan bantuan yang diperlukan. Masih banyak lagi yang lain. Tadi kami Partai Demokrat juga memberikan bantuan sosial berupa sembako dan alat medis, walaupun nilainya tidak seberapa mudah-mudahan niat tulus kami bisa sedikit meringankan beban masyarakat,” kata dia.

Comment

Terbaru