Wabup Wahyudi Harap Pelaku UMKM Mampu Berinovasi dan Kreatif Hadapi Tantangan Pandemi

Wabup Wahyudi Harap Pelaku UMKM Mampu Berinovasi dan Kreatif Hadapi Tantangan Pandemi

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat berharap para pelaku usaha mikro mampu berinovasi dan kreatif dalam menghadapi tantangan berusaha di tengah pandemi Covid-19 ini. Termasuk memanfaatkan kemajuan teknologi informasi seperti media sosial, marketplace dan lain sebagainya dalam hal pemasaran produk.

Sehingga proses transaksi jual beli antara pembeli dan penjual tak hanya melalui tatap muka, namun juga dapat dilakukan secara online. Hal itu disampaikan saat membuka pelatihan kewirausahaan bagi Pelaku Usaha Mikro se-Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2021 angkatan kedua yang digelar Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Kapuas Hulu di Aula Mitra Sentosa Putussibau, Selasa pagi, 20 September 2021.

Baca Juga :  Dewan Kapuas Hulu Pertanyakan Soal Perombakan OPD dan Deviden Bank Kalbar

“Melalui pelatihan ini, diharapkan pelaku usaha mikro memperoleh penguatan kapasitas sehingga mampu menciptakan inovasi dan kreativitas dalam menghadapi tantangan berusaha di tengah pandemi Covid-19 ini,” kata Wabup Wahyudi.

Pelatihan yang diikuti oleh 40 orang peserta yang berasal dari pengerajin-pengerajin yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu.

“Saya berpesan kepada para peserta pelatihan untuk mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh agar sebanyak mungkin memperoleh ilmu dan pengetahuan dari para narasumber, serta dapat mengimplementasikan hasil pelatihan ini untuk pengembangan usahanya,” pesannya.

“Secara khusus kepada para peserta yang merupakan pengerajin tenun, baik tenun sidan, tenun ikat, maupun pengerajin manik, semoga pelatihan ini dapat memacu dan memicu kreativitas berusaha serta kejelian menjaga hasil karya, sehingga kita bersama-sama dapat menjaga warisan budaya yang sangat berharga ini sebagai salah satu identitas kebudayaan Kapuas Hulu sehingga tidak dirampas oleh negara lain,” katanya.

Baca Juga :  Bupati Nasir Ucapkan Terima Kasih ke Masyarakat Kapuas Hulu Saat Sampaikan LKPJ 2020

Wabup Wahyudi turut mengingatkan bahwa pengerajin harus mempunyai mental yang baik dan bagus sebagai kunci keberhasilan dan menyesuaikan dengan keadaaan melakukan inovasi-inovasi agar tetap produktif, tetap semangat dan jangan malu bertanya kepada narasumber pelatihan.

Dalam pelatihan tersebut menghadirkan narasumber dari Dinas Koperasi dari Provinsi Kalbar, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kapuas Hulu, Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Kapuas Hulu, Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Putussibau dan Kantor BPJS Putussibau.

Comment