Penjelasan Sekda Yosepha atas Wafatnya Wakil Bupati Sintang Yosep Sudiyanto

Penjelasan Sekda Yosepha atas Wafatnya Wakil Bupati Sintang Yosep Sudiyanto

KalbarOnline, Sintang – Kabar duka menyelimuti warga Kabupaten Sintang. Wakil Bupati Sintang Yosep Sudiyanto meninggal dunia hari ini, Sabtu, 18 September 2021, sekitar pukul 11.00 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Berita duka ini juga disampaikan langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah melalui konferensi pers di Mini Command Center (MCC) Kabupaten Sintang, Sabtu siang, 18 September 2021. Kronologis perawatan Wabup Sudiyanto di RSCM Jakarta dijelaskan Yosepha.

Kata Yosepha, Wabup Sudiyanto dibawa dari Pontianak ke Jakarta pada tanggal 8 September. Sehari setelahnya, yakni pada tanggal 9 September, Wabup Sudiyanto menjalani pemerikasaan di Poli Rawat Jalan RSCM Jakarat.

“Beberapa hari kemudian yakni pada tanggal 12 September, Bapak Yosef Sudiyanto masuk rawat inap di RSCM Jakarta, dan rencananya akan mendapat tindakan RFA (ABLASI RADIOFREQUENCY),” katanya.

“Pada tanggal 14 September, Bapak Yosef Sudiyanto sudah sempat akan diambil tindakan, tapi karena kondisi beliau, lalu ditunda,” kata dia.

Baca Juga :  Polres Melawi Kerahkan Kekuatan Penuh Kawal Pawai Ta’aruf Sambut Ramadhan
Wakil Bupati Sintang Yosep Sudiyanto Meninggal Dunia
Konferensi Pers Kominfo Sintang terkait informasi meninggalnya Wakil Bupati Sintang Yosep Sudiyanto yang dilaksanakan di Mini Command Center (MCC) Kabupaten Sintang, Sabtu siang, 18 September 2021.

Pada tanggal 16 September, sedianya Wabup Sudiyanto akan diambil tindakan RFA. Namun lantaran mengalami demam dan sesaf nafas, maka ditunda kembali.

Kondisi Sudiyanto kata Yosepha semakin melemah. Bahkan pada Jumat malam, 17 September 2021 harus dilarikan ke ruang ICU.

“Saturasi oksigen semakin menurun, pada tanggal 17 September malam langsung dirawat di ruang ICU, tapi kondisi terus menurun. Sampai tadi pagi saya diinfokan oleh Pak Kadis Kesehatan bahwa kondisi beliau semakin melemah. Pukul 10.30 WIB saya dikabarkan bahwa kondisi beliau sudah kritis. Tepat pukul 11.00 WIB, Pak Wakil Bupati kita meninggalkan kita semua. Meninggal di RSCM,” kata dia.

Saat ini, Yosepha bilang, Pemerintah Kabupaten Sintang dan pihak keluarga sedang melakukan kepengurusan jenazah Wabup Sudiyanto untuk dibawa ke Pontianak, Kalimantan Barat.

“Rencananya besok kemungkinan akan menggunakan Lion Air pukul 06.00 WIB dari Bandara Soekarno Hatta ke Bandara Supadio Pontianak. Dari Pontianak nantinya akan langsung dibawa ke Sintang menggunakan ambulance, dan Pak Kadis Kesehatan yang akan langsung menjemput beliau di Pontianak, karena akan langsung dibawa ke Sintang besok, diperkirakan sekitar pukul 15.00 WIB sampai di Sintang,” kata dia.

Baca Juga :  Jelang Idul Adha, Pemkab Sintang Berikan Pengarahan Soal Pencegahan PMK 

“Mengenai pemakaman, masih kita diskusikan dengan pihak keluarga dan akan kita segera infokan kembali kapan dan di mana akan dimakamkan,” tutupnya.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatikan Kabupaten Sintang Kurniawan menjelaskan bahwa rencananya jenazah Wakil Bupati Sintang Sudiyanto akan dipulangkan dari Jakarta ke Pontianak pada Minggu pagi, 19 September 2021 menggunakan pesawat Lion Air pukul 06.00 WIB.

“Secepatnya setelah sampai di Pontianak akan kita pulangkan juga ke Sintang,” kata dia.

Mengenai pemakaman, kata dia, masih akan didiskusikan dengan pihak keluarga.

“Tapi jenazah akan disemayamkan di rumah jabatan Wakil Bupati Sintang. Kami Pemerintah Kabupaten Sintang menyatakan kesedihan yang mendalam dan berbela sungkawa atas wafatnya Bapak Wakil Bupati, semoga amal ibadah beliau diterima dan mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan,” tutupnya.

Comment