Wali Kota Edi Kamtono Dorong Pelaku UMKM Bangkit Tumbuhkan Ekonomi

Wali Kota Edi Kamtono Dorong Pelaku UMKM Bangkit Tumbuhkan Ekonomi

Launching Produk UMKM BDC Zamrud Khatulistiwa

KalbarOnline, Pontianak – Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono melaunching produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak dan Business Development Center (BDC) Zamrud Khatulistiwa di Aula Rohana Muthalib Kantor Bappeda Kota Pontianak, Rabu (15/9/2021).

Edi berharap, dengan dilaunchingnya produk unggulan kota Pontianak diharapkan menjadi role model untuk meningkatkan aktivitas lain untuk bersama-sama bangkit dari merosotnya perekonomian akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Sutarmidji Minta Disporapar Rutin Gelar Kegiatan Wisata

“Saya berharap pelaku usaha tetap semangat dan menganggap bahwa semua bukan saingan tapi rekan bisnis yang bersinergi untuk maju bersama-sama,” pungkasnya.

Menurutnya, di era sekarang ini diperlukan kolaborasi semua pihak untuk membantu pelaku UMKM ditengah pandemi Covid-19.

“Baik proses pemasaran, permodalan, packaging, produksi sehingga menghasilkan produk yang berkualitas,” ujarnya.

Pemkot Pontianak bersama Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Kalbar dan pihak lainnya juga terus berupaya memfasilitasi pelaku usaha dalam bentuk permodalan, pembinaan maupun promosi agar kualitas produk UMKM bisa naik kelas.

Baca Juga :  Berikan Pelayanan Terbaik, PLN Ketapang Siapkan 261 Personil Jaga Pasokan Listrik Selama Ramadhan

“Salah satu fasilitas promosi dan pemasaran produk UMKM yang telah disiapkan oleh Pemkot Pontianak adalah Gedung UMKM Center yang selalu dikunjungi wisatawan ketika berkunjung di Kota Pontianak,” tuturnya.

Dia menilai, produk yang dihasilkan sekarang ini juga banyak peminatnya serra tidak kalah bersaing dengan produk yang sudah paten di pasaran khususnya di Kota Pontianak.

“Pelaku UMKM hendaknya memanfaatkan sarana media digital untuk mempromosikan produknya agar lebih dikenal dan memudahkan masyarakat untuk mencarinya,” kata Edi. (J)

Comment