Indeks SPBE Kapuas Hulu Tiga Besar se-Kalbar

Indeks SPBE Kapuas Hulu Tiga Besar se-Kalbar

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten Kapuas Hulu berada di tiga besar se-Kalbar. Hal ini terungkap dalam rapat penilaian interview evaluasi SPBE 2021 oleh tim asesor internal SPBE Kabupaten Kapuas Hulu dengan tim evaluator external SPBE Pusat Kementerian PAN-RB secara virtual, Selasa kemarin.

Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat yang hadir langsung dalam evaluasi itu mengatakan, nilai SPBE Kapuas Hulu pada tahun 2018 nilainya 1,93 dengan kategori cukup, pada tahun 2019 naik menjadi 2,6 dengan kategori baik. Di tahun 2020 juga masih bertahan di 2,6 dengan kategori baik.

Baca Juga :  Wabup Kapuas Hulu Hadiri Pemberian NIB Bagi Pelaku Usaha Mikro/Kecil Perseorangan di Kecamatan Hulu Gurung

“Kami tetap berusaha semaksimal mungkin, untuk meningkatkan SPBE di Kapuas Hulu,” kata Wabup.

Setelah mengisi simulasi pertanyaan tingkat kematangan evaluasi SPBE secara mandiri, kata Wahyu, ternyata nilai indeks SPBE Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2021 bisa mencapai 2,689. Dalam indeks SPBE se-Kalbar, Kabupaten Kapuas Hulu selalu masuk dalam tiga besar.

“Hal-hal yang sudah dilakukan membentuk tim koordinator, pengarah dan asesor SPBE Kapuas Hulu,” ujarnya.

Adapun strategi dalam peningkatan SPBE di Kapuas Hulu, yaitu pembangunan arsitektur SPBE Kapuas Hulu.

Baca Juga :  Reformasi Birokrasi Percepat Pelayanan Publik

“Pembentukan dan penguatan kapasitas tim kordinator SPBE Kapuas Hulu, penguatan kebijakan terkait,” kata Wabup.

Meski demikian, Wabup turut mengungkapkan beberapa hambatan secara umum pada pelaksanaan evaluasi SPBE di Kapuas Hulu. Di antaranya terkait penambahan domain dan aspek indikator SPBE, maka dapat memengaruhi nilai indeks SPBE sebelumnya. Beberapa data dukung yang dibutuhkan pada indikator baru masih dalam tahap rencana konsep.

“Saya berharap dalam melaksanakan evaluasi SPBE, hasil SPBE Kapuas Hulu tahun 2021 dapat mencapai target maksimal dengan predikat baik,” tutupnya.

Comment