Wabup Wahyudi Harap Masyarakat Tumbuhkan Kesadaran Bahaya Karhutla

Wabup Wahyudi Harap Masyarakat Tumbuhkan Kesadaran Bahaya Karhutla

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat menghadiri pembentukan dan pembekalan relawan pemadam kebakaran Desa Datah Dian, Kecamatan Putussibau Utara, Rabu, 8 September 2021.

Dalam sambutannya Wabup Wahyudi menegaskan, kerjasama masyarakat dan pemerintah dalam mengatasi bencana dan kebakaran hutan dan lahan sangat diperlukan.

Menurutnya, masalah karhutla adalah masalah yang kompleks dan rumit sehingga pemerintah perlu melibatkan masyarakat. Terutama masyarakat sekitar lahan untuk berperan aktif agar tumbuh kesadaran akan bahaya kebakaran hutan dan lahan.

“Sehingga sedini mungkin dapat dilakukan pencegahan dan pengendalian sebelum berdampak lebih luas. Dengan demikian terjadi sinergisitas yang baik antara pemerintah dan warga masyarakat setempat,” kata Wabup.

Baca Juga :  Pasar Kedah di Kedamin Hulu Sunyi Tak Berpenghuni Tak Ada Aktivitas Jual-Beli, Apa Langkah Pemerintah?

Orang nomor dua di Bumi Uncak Kapuas ini berpesan kepada relawan atau masyarakat peduli api Desa Datah Dian untuk serius dalam mengikuti pelatihan tersebut agar siap siaga dalam menangani kebakaran hutan dan lahan, apabila terjadi.

“Saya berpesan kepada para peserta masyarakat peduli api Desa Datah Dian, agar dapat mengikuti seluruh rangkaian pelatihan/pembekalan secara serius sehingga nantinya setelah selesai kegiatan ini bapak dan ibu semua memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai sehingga berguna dalam kegiatan pencegahan dan penanggulangan karhutla yang mungkin saja terjadi di masa yang akan datang. Kepada para narasumber dan pelaksana saya berpesan agar dapat memberikan materi yang sesuai dan mengawal kegiatan ini sampai selesai sesuai agenda yang telah direncanakan,” pesannya.

Baca Juga :  900 Jiwa Terendam Banjir di Hulu Gurung

Serahkan bantuan banjir

Di kesempatan itu Wabup Wahyudi turut menyerahkan bantuan banjir untuk Desa Datah Dian, Desa Sambus dan Desa Padua Mendalam.

“Pada kesempatan ini saya bersama rombongan sekaligus menyerahkan bantuan terhadap masyarakat Desa Datah Dian yang terdampak banjir, jumlahnya mungkin tidak banyak, tetapi setiap bantuan terdampak korban bencana sudah ada ketentuannya, tentu kita sebagai pemerintah wajib mempedomani ketentuan yang sudah ada. Saat ini, inilah yang dapat kami salurkan, jangan dilihat dari banyak dan nilai bantuan yang di salurkan, tetapi lihatlah kehadiran kami disini merupakan bentuk kepedulian, empati  dan dukungan moral Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu terhadap warga masyarakat desa,” tutupnya.

Comment