by

Kota Nanga Pinoh Dilanda Banjir, Aktivitas Jual Beli di Pasar Lumpuh

Kota Nanga Pinoh Dilanda Banjir, Aktivitas Jual Beli di Pasar Lumpuh

KalbarOnline, Melawi – Banjir yang melanda Kota Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, menyebabkan aktivitas di pasar-pasar tradisional menjadi lumpuh.

Pantauan media ini di lapangan, Sabtu (4/9/2021) menjelang sore, air sudah menggenang pasar pantai Kota Nanga Pinoh. Bahkan, luapan air banjir juga memasuki pertokoan dan rumah warga.

Menurut salah seorang warga Kota Nanga Pinoh, Surya Lay, air menggenang di jalan dan rumah warga dengan ketinggian mencapai 60 sentimeter, bahkan debit air masih terus naik.

Kota Nanga Pinoh Dilanda Banjir, Aktivitas Jual Beli di Pasar Lumpuh

“Tingginya genangan air itu juga mengakibatkan aktivitas pasar di bagian pantai lumpuh total. Iya, air masuk mulai dini hari pagi ini,” kata Surya Lay, Sabtu (4/9/2021).

Dia mengatakan, semakin sore air semakin tinggi dan sebagian barang-barang sudah diungsikan ke lantai atas. Menurutnya, banjir di kawasan pasar Kota Nanga Pinoh ini disebabkan meluapnya Sungai Melawi dan Sungai Pinoh.

Ia mengakui kawasan pasar pantai menjadi langganan banjir ketika musim hujan mengguyur di perhuluan.

“Pokoknya kalau hujan melanda di perhuluan pasti banjir. Padahal ini sangat mengganggu apalagi ini pasar banyak orang yang beraktivitas,” kata dia.

Selain kawasan tersebut terdampak banjir, tambahnya, beberapa ruas jalan di Kota Nanga Pinoh area pasar pun dilaporkan menjadi kolam mini akibat hujan dengan intensitas tinggi tersebut.

Comment

Terbaru