Cuaca Ekstrem, BPBD Melawi Imbau Warga Waspada Bencana Banjir dan Longsor

Cuaca Ekstrem, BPBD Melawi Imbau Warga Waspada Bencana Banjir dan Longsor

KalbarOnline, Melawi – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Melawi mengimbau warga di wilayah setempat untuk mewaspadai potensi banjir dan longsor. Hal itu menyusul peningkatan curah hujan di wilayah ini beberapa hari terakhir.

Kepala BPBD Melawi Syafaruddin mengungkapkan, waspada potensi banjir dan longsor saat hujan deras terutama bagi mereka yang tinggal di lokasi rawan seperti bantaran sungai dan perbukitan.

Baca Juga :  Jangkau Warga di Pesisir Sungai, Polres Melawi Gelar Vaksinasi Terapung

“Kita mengimbau kepada lapisan masyarakat khususnya yang tinggal di Sepanjang Aliran sungai (DAS) dan perbukitan agar tetap hati-hati dan waspada. Saat ini Kabupaten Melawi kerap diguyur hujan dengan intensitas tinggi,” kata Syafarudin, Rabu (1/9/2021).

Melihat kondisi tersebut, lanjutnya, pihaknya mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan terutama pada saat hujan deras dengan durasi yang lama karena dikhawatirkan akan meningkatkan potensi bencana seperti banjir, longsor dan angin kencang.

Baca Juga :  Johor Dilanda Banjir, 6 Ribu Orang Dievakuasi

Syafarudin menambahkan, banjir biasanya akan terjadi jika hujan lebat terus menerus menguyur kawasan Kabupaten Melawi, khususnya pada daerah hulu sungai karena Sungai Melawi dan Sungai Pinoh tidak akan mampu menampung banyaknya arus air, sehingga juga berpotensi terjadi bencana banjir dan longsor.

“Justru itu mari kita tingkatkan kewaspadaan, karena saat ini kawasan Kabupaten Melawi lagi musim penghujan dengan intensitas tinggi,” pungkasnya.

Comment