Harga Tongkol Terjangkau, TPID Kalbar Terbaik se-Kalimantan 2020

Harga Tongkol Terjangkau, TPID Kalbar Terbaik se-Kalimantan 2020

KalbarOnline, Pontianak – Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Kalimantan Barat meraih peringkat TPID Provinsi Terbaik 2020 di Wilayah Kalimantan karena mampu mengendalikan harga barang dan jasa sebagai komponen inflasi.

“Alhamdulilah Pemprov Kalbar dalam Rakornas TPID mendapatkan juara terbaik tingkat Kalimantan, tingkat inflasi terbaik di antara Propinsi se-Kalimantan yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara,” kata Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan, di Pontianak, Rabu.

Dalam kegiatan tersebut Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan, bersama Plh. Kepala Biro Perekonomian Provinsi Kalbar Wike Yolanda, menyaksikan penganugrahan tersebut.

Orang nomor dua di Bumi Tanjungpura ini berharap, ke depan, pemerintah daerah bisa bersinergi dengan instansi lainnya guna menekan angka inflansi di Provinsi Kalbar terutama dalam menjaga harga-harga di pasaran yang ada di Provinsi Kalbar.

Baca Juga :  Wagub Kalbar: Nilai Dasar Bela Negara dan Cinta Tanah Air Harus Tertanam Dalam Diri

“Penyebab inflasi ini seperti cabai, bawang, dan ikan. Ini yang harus kita jaga biar tidak inflasi, alhamdulilah kita juara dalam menjaga inflansi atau stimulan dan subsidi pada tahun 2020,” katanya.

Ia menambahkan, pada tahun 2020 yang lalu TPID Provinsi Kalbar melalui Dinas Kelautan dan Perikanan memberikan subsidi kepada masyarakat dan para nelayan dalam bentuk bazar di pasar.

“Jadi pada tahun 2020 yang lalu Dinas Kelautan dan Perikanan kalbar memberikan subsidi sekitar Rp182 juta ke masyarakat dan para nelayan dalam bentuk bazar. Misalnya masyarakat membeli ikan tongkol dipasar bebas dengan harga Rp130 ribu. Kita (TPID Kalbar) subsidi Rp10 ribu lalu masyarakat beli ikan itu sebesar Rp120 ribu,” katanya.

Baca Juga :  Pegadaian Syariah Serahkan Bantuan Motor Ambulance ke ACT Kalbar

Dalam APBD Perubahan tahun 2020 Pemerintah Provinsi Kalbar menambah besaran subsidi sehingga masyarakat dapat membeli ikan dengan harga terjangkau.

“Pada APBD Tahun 2020 kita tambah lagi subsidi kepada masyarakat sebesar Rp280 juta, sehingga masyarakat dapat membeli ikan dengan murah kemudian inflansi tidak terjadi di masyarakat. Tindakan ini membuat pemerintah pusat menilai tindakan ini dan kita TPID Kalbar mendapatkan juara terbaik 2020 wilayah Kalimantan program keterjangkauan harga ikan tongkol,” katanya.

Comment