Deddy Corbuzier Sempat Kritis dan Hampir Meninggal Karena Covid-19

Deddy Corbuzier Sempat Kritis dan Hampir Meninggal Karena Covid-19

KalbarOnline.com – Selebriti Deddy Corbuzier menyampaikan kabar mengejutkan setelah rehat dari media sosial. Ternyata alasannya rehat dari medsos adalah karena kondisi kesehatannya sempat memburuk akibat COVID-19.

“Saya sakit.. Kritis, hampir meninggal karena badai Cytokine, lucu nya dengan keadaan sudah negatif. Yes it’s COVID,” katanya melalui akun Instagram pribadi miliknya, Minggu, 22 Agustus 2021.

Ia menceritakan dua minggu setelah rehat dari media sosial, Deddy fokus untuk memulihkan kondisinya yang mengalami ‘badai sitokin’ karena virus Corona.

Tanpa gejala apapun, ia mengalami badai sitokin dan paru-parunya rusak 60 persen dalam dua hari.

“Yes it’s a life and death situation. Hebatnya oksigen darah saya tidak turun bahkan diam di 97-99 karena pola hidup sehat saya selama ini hingga saya bisa selamat walau dengan kerusakan paru yang parah,” kata dia.

Baca Juga :  Merasa Terpanggil, Pembalap Senior Syarif Machmud Sediakan Isi Ulang Oksigen Gratis Bagi Masyarakat

Badai sitokin merupakan salah satu komplikasi yang bisa dialami oleh penderita COVID-19. Kondisi ini perlu diwaspadai dan perlu segera ditangani secara intensif. Bila dibiarkan tanpa penanganan, badai sitokin dapat menyebabkan kegagalan fungsi organ hingga kematian.

Sitokin merupakan salah satu protein yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Dalam kondisi normal, sitokin membantu sistem imun berkoordinasi dengan baik dalam melawan bakteri atau virus penyebab infeksi.

Namun, jika diproduksi secara berlebihan, sitokin justru dapat menyebabkan kerusakan di dalam tubuh. Inilah yang disebut sebagai badai sitokin.

Badai sitokin (cytokine storm) terjadi ketika tubuh melepaskan terlalu banyak sitokin ke dalam darah dalam jangka waktu yang sangat cepat. Kondisi ini membuat sel imun justru menyerang jaringan dan sel tubuh yang sehat, sehingga menyebabkan peradangan. Kondisi ini diketahui dengan pemeriksaan D-dimer dan CRP pada penderita COVID-19.

Baca Juga :  Akademisi UI Bahas Aspek Hukum Vaksin Covid-19

Tak jarang peradangan tersebut membuat organ-organ di dalam tubuh menjadi rusak atau gagal berfungsi. Hal inilah yang membuat badai sitokin perlu diwaspadai, karena bisa sampai menyebabkan kematian.

Pada penderita COVID-19, badai sitokin menyerang jaringan paru-paru dan pembuluh darah. Alveoli atau kantung udara kecil di paru-paru akan dipenuhi oleh cairan, sehingga tidak memungkinkan terjadinya pertukaran oksigen. Itulah sebabnya mengapa penderita COVID-19 kerap mengalami sesak napas.

Comment