Tingkatkan Ekonomi, Dekranasda Kapuas Hulu: Gali dan Kembangkan Potensi Produk Unggulan

Tingkatkan Ekonomi, Dekranasda Kapuas Hulu: Gali dan Kembangkan Potensi Produk Unggulan

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kapuas Hulu Angeline Fremalco mengatakan, Kapuas Hulu memiliki banyak kerajinan dan produk unggulan yang dapat dikelola untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Selama ini produksi hasil kerajinan tangan tidak stabil, karena masih dianggap profesi sampingan, padahal hasil produk itu bisa meningkatkan ekonomi keluarga,” kata Angeline Fremalco, saat pengukuhan pengurus Dekranasda Kapuas Hulu, di aula Pendopo Bupati Kapuas Hulu, Senin, 16 Agustus 2021.

Baca Juga :  Bupati Fransiskus Diaan: Masalah Kesehatan Daerah Terpencil Terus Jadi Perhatian

Angeline menyatakan, Kapuas Hulu merupakan kabupaten yang unik dengan banyak potensi kerajinan dan makanan kuliner, akan tetapi masih perlu dikembangkan dan digali.

Anggota DPRD Kalbar ini mengatakan, Kapuas Hulu terkenal dengan kain tenun Sidan, dan kerajinan tangan anyam-anyaman, serta makanan kuliner olahan ikan Kerupuk Basah, Madu dan banyak lagi produk unggulan yang mesti terus dikembangkan.

Menurut Angeline, yang perlu diperhatikan ke depannya bagaimana Dekranasda bisa memberikan edukasi dan pembinaan kepada pelaku usaha kerajinan agar menjaga kualitas dan stabilitas hasil produksi.

Baca Juga :  Bupati Fransiskus Diaan Tutup Kejuaraan Badminton se-Kapuas Hulu, Diikuti 188 Atlet

“Peran Dekranasda itu bukan hanya mempromosikan tetapi bagaimana memasarkan kita harus mengubah pola pikir untuk meningkatkan perekonomian dengan memanfaatkan media digital,” jelas Angeline.

Ia mengajak seluruh pengurus Dekranasda Kapuas Hulu dapat melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab, dengan terobosan lebih kepada menjaga kualitas kemasan dan perkuat pemasaran.

“Manfaatkan media teknologi untuk pemasaran, karena target kita memang menjual bukan hanya mempromosikan dan jangan dulu berpikir lebih mementingkan keuntungan pribadi,” tegasnya.

Comment