32 Paskibraka Dikukuhkan, Wako Edi Kamtono : Tanamkan Jiwa Nasionalisme dan Patriotisme

32 Paskibraka Dikukuhkan, Wako Edi Kamtono : Tanamkan Jiwa Nasionalisme dan Patriotisme

Siap Laksanakan Tugas Pengibaran Bendera HUT RI ke-76

KalbarOnline, Pontianak – Sebanyak 32 orang Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Pontianak yang akan menjalankan tugasnya pada upacara HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dikukuhkan oleh Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono di Aula Rumah Jabatan Wali Kota, Minggu (15/8/2021) malam.

Prosesi pengukuhan berlangsung khidmat. Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan Ikrar Pemuda Indonesia. Kemudian masing-masing anggota Paskibraka mencium Bendera Merah Putih sebagai rangkaian prosesi pengukuhan tersebut.

Kepada anggota Paskibraka yang baru dikukuhkan, Edi menekankan, satu hal yang perlu senantiasa ditanamkan dalam diri masing-masing bahwa misi Paskibraka tidak boleh berhenti pada peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI ini saja. Tak kalah pentingnya adalah jiwa nasionalisme dan patriotisme yang telah terbentuk harus selalu dihayati dan terus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :  2 Hari Kalbar Diguyur Hujan, Kabut Asap Akibat Karhutla Perlahan Hilang
32 Paskibraka Dikukuhkan, Wako Edi Kamtono : Tanamkan Jiwa Nasionalisme dan Patriotisme
Anggota Paskibraka Kota Pontianak mencium Bendera Merah Putih sebagai rangkaian prosesi pengukuhan (Foto: Prokopim)

“Sebagaimana tema peringatan HUT RI ke-76 yaitu Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh sehingga mampu menghadirkan energi positif dan menjadi contoh serta tauladan bagi masyarakat,” ujarnya saat memberikan sambutan pada pengukuhan Paskibraka Kota Pontianak.

Sebagaimana diketahui, sebelum pengukuhan, para anggota Paskibraka telah menjalani serangkaian pendidikan dan latihan yang bertujuan untuk memantapkan ketahanan fisik, maupun kesiapan mental mendedikasikan sebuah  misi dan tugas yang penting yakni pengibaran Bendera Merah Putih pada peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI di Kota Pontianak.

“Selamat atas terpilihnya Paskibraka Kota Pontianak berjumlah 32 orang. Kalian merupakan putra putri terbaik Kota Pontianak yang telah dinyatakan lulus seleksi dengan berbagai proses dan tahapan yang harus dilalui,” ucap Edi.

Baca Juga :  Yanieta Arbiastutie Bangga Lihat Hasil Kerajinan Karya Disabilitas

Atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak, dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh orang tua dan wali dari Paskibraka yang telah memotivasi anak-anaknya dalam menunaikan tugas sebagai anggota Paskibraka pada puncak peringatan HUT RI ke-76.

“Kepada para pembina, pembimbing, pelatih dan panitia, kami ucapkan terima kasih atas kesungguhannya dalam membimbing dan melatih para anggota Paskibraka,” imbuhnya.

Upacara pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI di lingkungan Pemkot Pontianak akan digelar secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Pelaksanaan upacara tersebut bertempat di halaman Kantor Wali Kota Pontianak pada Selasa tanggal 17 Agustus 2021 pukul 07.00 WIB. (J)

Comment