Pemerintah Perpanjang PPKM Level 4 di 18 Provinsi Luar Jawa Bali Sampai 23 Agustus 2021

Pemerintah Perpanjang PPKM Level 4 di 18 Provinsi Luar Jawa Bali Sampai 23 Agustus 2021

KalbarOnline.com – Pemerintah resmi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di 18 provinsi dengan 45 kabupaten/kota luar Pulau Jawa dan Bali mulai 10 Agustus sampai 23 Agustus 2021.

“Sesuai dengan arahan Bapak Presiden, khusus di luar Jawa-Bali akan dilakukan perpanjangan selama dua minggu, tanggal 10-23 Agustus,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers melalui Youtube Sekretariat Presiden, Senin, 9 Agustus 2021.

“Karena berbeda dengan Pulau Jawa yang sudah menurun, maka luar Jawa ini karena nature kepulauan dan wilayahnya luas, maka akan diperpanjang 2 minggu,” Kata Airlangga.

Baca Juga :  Cukai Tinggi Cegah Anak Terpapar Rokok

Ia mengatakan, per 9 Agustus 2021, kasus aktif Covid-19 di Jawa-Bali berkontribusi 53,5 persen dan di luar Jawa-Bali 46,5 persen dari total kasus aktif nasional. Bahkan terjadi kenaikan kasus aktif di luar Jawa-Bali sebesar 1,24 persen.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Kalbar Online (@kalbaronline)

Airlangga menyebut provinsi yang menerapkan PPKM Level 4 itu masih mengalami lonjakan kasus positif Covid-19, dengan lima yang tertinggi Provinsi Sumatera Utara, Kalimantan Timur, Sumatera Barat, Papua, dan Provinsi Riau.

Ada pula 10 provinsi yang menurun yaitu Provinsi Jambi, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Ria, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, Maluku, Maluku Utara, dan Provinsi Papua Barat.

Airlangga mengatakan, terdapat 45 kabupaten/kota di 18 provinsi dengan risiko tertinggi Covid-19 yang akan menerapkan PPKM Level 4. Selain itu, ada 215 kabupaten/kota yang akan menerapkan PPKM level 3, dan 39 kabupaten/kota dengan status wilayah level 2.

Berikut daftar 45 Kabupaten/kota di luar Jawa-Bali yang terapkan PPKM level 4:

Kalimantan Selatan

Kota Banjarbaru
Tanah Laut
Kota Banjarmasin
Tanah Bumbu
Barito Kuala
Kota Baru

Kalimantan Timur

Kota Balikpapan
Kutai Kartanegara
Kutai Timur
Kota Samarinda
Paser
Kota Samarinda

Lampung

Pringsewu
Lampung Barat
Lampung Selatan
Kota Bandar Lampung
Lampung Timur
Tulang Bawang Barat

Comment