Pemkab Ketapang Tunggu Kedatangan Alat PCR

Pemkab Ketapang Tunggu Kedatangan Alat PCR

KalbarOnline, Ketapang – Wakil Bupati Ketapang Farhan mengatakan Pemerintah Kabupaten Ketapang telah melakukan pembelian alat Polymerase Chain Reaction (PCR) guna mendeteksi Covid-19.

Ia menyebut kalau saat ini pihaknya tengah menunggu kedatangan pengiriman alat tes Covid-19 tersebut ke Ketapang.

“Hari ini mesin itu telah ada, cuma belum sampai ke Ketapang, kami mendorong percepatan datangnya alat PCR, karenanya PCR-nya sudah dibeli,” ujar Farhan, usai rapat evaluasi dan tindak lanjut penanganan Covid-19 di Kantor Bupati Ketapang, Senin, 9 Agustus 2021.

Baca Juga :  WHO: Covid-19 Sudah Menginfeksi Ribuan Warga Tiongkok Sejak 2019

Menurut Farhan, alat tersebut mampu mengetahui hasil test Covid-19 hingga 100 spesimen per harinya. Selama ini Pemerintah Kabupaten Ketapang memiliki keterbatasan dalam melakukan pemeriksaan spesimen lantaran alat yang terbatas. Dengan adanya alat tersebut diharapkan mampu mempercepat upaya diagnosis virus corona.

“Alat PCR itu nanti akan kita simpan di eks Puskesmas Mulia Baru, sehingga setiap kita melakukan PCR kepada seluruh masyarakat dapat kita kirim hasilnya,” imbuhnya.

Baca Juga :  Wali Kota Edi Kamtono Dukung LSF Kembangkan Kampung Sensor Mandiri di Pontianak

Sebagaimana diketahui, untuk memastikan hasil tes corona, Satgas Covid-19 harus mengirim spesimen ke laboratorium milik Universitas Tanjungpura Pontianak, hal ini terpaksa dilakukan lantaran PCR test cepat Molekuler (TCM) yang ada di RSUD dr. Agoesdjam memiliki keterbatasan jumlah yang diperiksa perharinya. (Adi LC)

Comment