by

Kalbar Bakal Dapat Bantuan 100 Konsentrator Oksigen

Kalbar Bakal Dapat Bantuan 100 Konsentrator Oksigen

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengungkapkan bahwa provinsi yang dipimpinnya itu akan mendapat bantuan 100 konsentrator oksigen dari Pemerintah Pusat.

Hal itu disampaikan Midji saat diwawancarai usai meninjau vaksinasi Covid-19 yang digelar Tim Penggerak PKK Kalimantan Barat di halaman Stadion Sultan Syarif Abdurrahman Pontianak, Senin, 2 Agustus 2021.

Kalbar Bakal Dapat Bantuan 100 Konsentrator Oksigen

“Kemarin saya diberi tahu ajudan Presiden, Kalbar akan mendapat bantuan 100 konsentrator oksigen. ini digunakan untuk emergency, untuk daerah yang sulit mendapatkan oksigen yang biasa (dalam kemasan tabung),” kata Midji.

Menurutnya, jika tak ada halangan, bantuan tersebut akan tiba di Kalbar hari ini. Selanjutnya akan segera didistribusikan ke seluruh rumah sakit kabupaten/kota yang memiliki ruang isolasi.

“Dibagi (distribusi). Tapi harus punya ruang isolasi, kalau daerah tidak punya ruang isolasi ya tidak dapat. Karena ini memang diperuntukan kondisi emergency. Artinya kalau oksigen susah dijangkau, ya pakai (konsentrator oksigen) ini,” kata dia.

Dijelaskan Midji, konsentrator oksigen sendiri berfungsi mengubah nitrogen menjadi 90 persen oksigen murni.

“Ini digunakan untuk pasien di dalam ruang isolasi,” tutupnya.

Melansir oxygen concentrator store, perangkat ini dapat bekerja dengan menyambungkannya ke stopkontak listrik atau menggunakan baterai.

Cara kerja alat ini adalah menyaring udara di ruangan yang awalnya terdiri dari 80 persen nitrogen dan 20 persen oksigen.

Lalu konsentrator oksigen menggunakan udara itu, kemudian menyaringnya dan diubah menjadi 90 hingga 95 persen oksigen murni.

Nitrogen dipisahkan untuk memberi pasien dosis oksigen setinggi mungkin. (Fat)

Comment

Terbaru