Sutarmidji Salurkan Bantuan Tabung Oksigen dari Pengusaha ke Rumah Zakat

Midji menegaskan, bantuan oksigen dan obat-obatan melalui Rumah Zakat bagi pasien Covid-19 yang menjalani isoman tidak terbatas pada kelompok tertentu saja.

“Untuk semua lintas agama, lintas etnis. Artinya, siapapun yang terpapar Covid-19, berhak memperoleh bantuan yang diberikan oleh para pengusaha dan stakeholder yang peduli terhadap penanganan Covid-19 di Kalbar,” tegasnya.

Gubernur menjelaskan, bantuan tabung oksigen dari para pengusaha ini ini tidak hanya diserahkan kepada Rumah Zakat, akan tetapi juga diserahkan kepada fasilitas kesehatan Isolasi Covid-19, seperti di Upelkes, LPMP, dan Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar.

“Yang terpenting jika terjadi darurat oksigen, sudah tersedia dimana pun,” katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat telah memberikan bantuan obat-obatan, vitamin dan sembako melalui Rumah Zakat Kalbar untuk dikelola dalam memfasilitasi dan membantu masyarakat yang sedang menjalani isoman.

Baca Juga :  Safari Dialogis di Nanga Mau, Midji Norsan Didukung Tokoh Dayak dan Didoakan Pendeta

Sementara itu, Manajer Cabang Rumah Zakat Kalbar Asrul Putra Nanda menuturkan, pihaknya telah menangani 430 pasien isoman. Dia menjelaskan, pasien-pasien ini mendapatkan bantuan obat-obatan yang dibutuhkan dan juga vitamin.

“Kami memberikan bantuan berupa obat-obatan dan tabung oksigen bagi mereka. Pelayanan ini terbuka untuk umum dan bagi siapa saja yang membutuhkan. Tanpa memandang agama maupun golongan dari pasien yang menjalankan isoman,” jelas Asrul.

Dikatakannya, selain sulit mendapatkan obat-obatan, kendala yang dihadapi warga yang sedang isoman adalah minimnya informasi tentang prosedur yang harus dijalani ketika isoman. Oleh karena itu, melalui Rumah Zakat, pihaknya memberikan pelayanan konsultasi medis secara online kepada warga yang membutuhkan informasi.

Baca Juga :  Insiden Cegat Mencegat Rombongan Ketua DPD PDIP Lasarus Hanya Settingan?

Data terakhir yang diterima Rumah Zakat Kalbar menyatakan, sejumlah 53-57 orang menunjukkan perkembangan membaik dan juga ada yang sudah dinyatakan negatif Covid-19. Rumah Zakat Kalbar saat ini membuka pelayanan isi ulang oksigen gratis pada malam hari, mulai pukul 20.00 WIB sampai dengan 23.00 WIB di halaman Kantor Rumah Zakat, Jalan Irian Nomor 35 Pontianak.

Pelayanan isi ulang oksigen ini berlangsung hingga tanggal 4 Agustus 2021. Saat ini Rumah Zakat hanya mampu melayani 20 kali isi ulang tabung per malam, dan dengan tambahan ini diperkiraan menjadi 60 kali isi ulang tabung oksigen per malam.

Comment