Bupati Sidak Penerapan Prokes di Lingkungan Setda Ketapang

Bupati Sidak Penerapan Prokes di Lingkungan Setda Ketapang

KalbarOnline, Ketapang – Usai menggelar apel kesiapsiagaan pencegahan dan penanganan Covid-19 dengan dihadiri seluruh kepala OPD, unsur TNI-Polri dan forkopimda lainnya, Bupati Ketapang Martin Rantan langsung melakukan sidak terhadap seluruh OPD di lingkungan Setda Ketapang, Jumat, 30 Juli 2021.

Kepada wartawan, Bupati mengatakan bahwa PPKM di Ketapang akan semakin diperketat, mengingat kasus Covid-19 di Ketapang dalam beberapa hari ini mengalami peningkatan signifikan.

Untuk itu, Bupati kemudian melakukan upaya dan langkah-langkah serius guna pencegahan dan penanganan kasus tersebut, di antaranya memyampaikan maklumat apel, sidak disiplin prokes pada pelayan publik dan perintahkan untuk segera dibangun sekretariat bersama (pos jaga) yang melibatkan tim gugus depan pencegahan dan penanganan Covid-19 di Ketapang.

Baca Juga :  Penelitian Ilmiah Potensi Daerah, Bupati Teken Kerjasama dengan LIPI

“Dalam waktu dekat akan dibangun pos, untuk melakukan penegakkan disiplin prokes. Misalnya yang pakai mobil, sudah pakai masker atau belum, sedia hand sanitizer atau tidak. Kalau tidak terapkan prokes maka akan ditindak sesuai dengan peraturan yang berlaku,” terangnya.

Apa yang dilakukan Bupati sangat beralasan, pasalnya dari data yang ada (hasil swab) para ASN dan non ASN di lingkungan Setda Ketapang, pada 27-29 Juli 2021, menunjukkan ada beberapa yang telah terpapar Covid 19 untuk kemudian dilakukan isoman (isolasi mandiri) pada yang bersangkutan.

Baca Juga :  Warga Lansia di Singkawang Mulai Divaksin

Tak hanya sidak terhadap OPD, Bupati juga melakukan sidak kantin yang berada di lingkungan Setda. Kepada pemilik kantin, Bupati memerintahkan agar menerapkan prokes dan jaga kesehatan lingkungan kantin.

“Harap waktu buka kantin dikurangi, para pegawai kantin memakai masker, siapkan tempat cuci tangan atau handsanitizer dan dilakukan penyemprotan area kantin seminggu sekali,” pungkasnya.

Comment