414 Warga Melawi Alami Gangguan Jiwa: Dipicu Stres dan Depresi

414 Warga Melawi Alami Gangguan Jiwa: Dipicu Stres dan Depresi

KalbarOnline, Melawi – Jumlah warga di Kabupaten Melawi yang gangguan jiwa di masa pandemi Covid-19 ini mengalami peningkatan.

Dinas Kesehatan (Dinkes) mencatat, sejauh ini ada 414 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), terdiri 157 penderita gangguan jiwa berat dan 257 orang lainnya mengalami gangguan jiwa ringan karena stres, depresi dan lainnya.

Kepala Dinkes Melawi dr. Ahmad Jawahir, mengatakan, bahwa penanganan kesehatan jiwa mengalami banyak kendala.

Baca Juga :  PN Sintang dan Pemkab Melawi Jalin MoU Pelayanan Administrasi Pengadilan

Dikatakan, salah satu kendala utama adalah pola pikir masyarakat yang kerap menyebut gangguan jiwa penyakit memalukan dan harus disembunyikan bahkan disingkirkan.

Menurut Jawahir, hingga kini ada delapan ODGJ yang masih dipasung keluarganya. Ada yang sudah bertahun-tahun mengalami pemasungan.

“Soal penanganan ODGJ ini, Dinkes bersama camat, Puskesmas dan lintas sektor akan masuk di dalamnya,” kata Jawahir, Selasa (27/7).

Baca Juga :  Polres Melawi Gelar Vaksinasi untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Sebelumnya Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya UY meminta agar tim pelaksana bisa menangani ODGJ secara manusiawi.

Bupati juga meminta Puskesmas mengoptimalkan pelayanan pada ODGJ, yang diselenggarakan secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan.

Bupati meminta kepada Dinkes dan Dinas Sosial (Dinsos), aga tidak ada lagi ODGJ yang berkeliaran dan tak ada lagi yang dipasung. (SR)

Comment