by

Kabar Gembira, Pemprov Kalbar Sediakan Isi Ulang Oksigen Gratis untuk Warga Isoman, Berikut Prosedurnya…

Kabar Gembira, Pemprov Kalbar Sediakan Isi Ulang Oksigen Gratis untuk Warga Isoman

KalbarOnline, PontianakKebutuhan oksigen masyarakat positif Covid-19 yang sedang isolasi mandiri (isoman) di Provinsi Kalimantan Barat meningkat. Menyikapi hal itu, Pemprov Kalbar pun menyediakan isi ulang tabung oksigen gratis. Hal itu disampaikan Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, Jumat, 23 Juli 2021.

Meski demikian, kata Midji, yang bersangkutan harus benar-benar membuktikan jika sedang menjalani isolasi mandiri dengan kartu identitas dan surat hasil uji usap (swab) PCR. Menurutnya, seseorang yang selama menjalani isolasi mandiri bisa membutuhkan 10 hingga 12 tabung oksigen.

“Kita akan berikan oksigen gratis untuk pasien isolasi mandiri. Kalau mereka menggunakan tabung yang besar, artinya gratis isi ulang dua kali. Kita yang bayar. Kalau tabung kecil mereka bisa 12 kali isi ulang gratis. Kasian juga mereka yang isolasi mandiri,” kata dia.

Meski demikian, Midji juga meminta agar pasien isolasi mandiri mengonsumsi obat-obatan, vitamin, dan sebagainya.

“Obat juga harus diupayakan cari. Kalau memang tidak mampu betul, silakan ke puskesmas. Jika tidak ada, beritahukan ke Pemerintah Provinsi Kalbar, kita akan upayakan cari,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat Harisson mengatakan bahwa sesuai arahan Gubernur, masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah karena kasus konfirmasi Covid-19 difasilitasi pengisian ulang tabung oksigen gratis.

“Satu orang masyarakat yang sedang isolasi mandiri karena covid- 19 mendapatkan jatah 12 kali isi ulang selama 12 hari berturut turut. Pemberian 12 kali isi ulang selama 12 hari ini berdasarkan perhitungan bahwa bahwa seseorang yang melaksanakan isoman dengan gejala ringan diisolasi selama 10-14 hari,” kata Harisson.

Dijelaskannya lebih rinci, Dinas Kesehatan nantinya akan memberikan voucher kepada masyarakat agar dapat mengisi ulang tabung oksigennya secara gratis.

“Semoga yang kita lakukan ini dapat meringankan beban masyarakat dalam pelaksanaan isolasi mandiri di rumah,” kata Harisson.

Adapun tempat pengisian ulang oksigen gratis ini dilakukan di dua tempat yakni di PT Baja Sarana, dan di Kantor Syarif Machmud Alkadri di Jalan Veteran Pontianak. Sementara waktu pelayanan pemberian voucher dimulai pada pukul 08.00 WIB pagi.

Untuk prosedur pengisian oksigen gratis dari Pemrov Kalbar untuk warga yang sedang isolasi mandiri sebagai berikut;

– Pengisian di PT Baja Sarana Jalan Antasari Pontianak dengan kuota 200 sampai 300 tabung kecil sehari

Keluarga pasien isoman datang ke PT Baja Sarana meminta voucer dengan petugas. Dengan syarat menunjukan kartu identitas berupa KTP, menunjukan surat hasil swab PCR, dan menyertakan nomor telepon yang dapat dihubungi. Kemudian menukarkan voucher mengisi oksigen di PT Baja Sarana.

Lalu Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat akan menginformasikan kepada Dinas Kesehatan sesuai domisili untuk memonitoring pasien isoman dan pengecekan proses isoman pasien.

– Untuk pengisian di Kantor Syarif Machmud Alkadri dengan kuota 50 tabung kecil sehari

Keluarga pasien isoman datang ke Kantor Syarif Machmud Alkadri menyerahkan tabung oksigen yang akan diisi dan dicatat oleh petugas. Dengan syarat menunjukan kartu identitas berupa KTP, menunjukan surat hasil swab PCR, dan menyertakan nomor telepon yang dapat dihubungi.

Kemudian tabung akan dibawa ke pabrik PT Megah Utama, Batu Layang. lalu keluarga pasien isoman dapat mengambil kembali tabung oksigen tersebut di Kantor Syarif Machmud Alkadrie pukul 14.00 siang. Selanjutnya, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat akan menginformasikan kepada Dinas Kesehatan sesuai domisili untuk memonitoring pasien isoman dan pengecekan proses isoman pasien.

Comment

Terbaru