by

Aron Pastikan Pemkab Sekadau Akan Terus Bantu dan Fasilitasi Petani Kembangkan Usaha

Aron Pastikan Pemkab Sekadau Akan Terus Bantu dan Fasilitasi Petani Kembangkan Usaha

KalbarOnline, Sekadau – Bupati Sekadau Aron bersama jajarannya melakukan penanaman Jagung di Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir, Kamis, 22 Juli 2021.

Di kesempatan itu Bupati Aron mengatakan bahwa kegiatan pertanian dan perkebunan termasuk dalam program prioritas Pemerintah Kabupaten Sekadau karena sesuai dengan visi misinya yaitu IP3K (Infarstruktur Perkebunan, Pertanian dan perikanan).

Aron pun menegaskan bahwa Pemkab Sekadau akan terus membantu dan memfasilitasi para petani dalam mengembangkan usahanya agar taraf hidup para petani di Kabupaten Sekadau bisa menjadi lebih baik dan sejahtera.

“Kedepan kita akun bangun workshop pertanian, jadi nanti kalau untuk alat-alat yang telah diserahkan dulu dan tidak digunakan maka kita tarik dulu dan kita lakukan perbaikan, setelah itu baru akan kita kirimkan kepada petani-petani yang lebih membutuhkan,” tegas Aron.

“Banyak keluhan dari para petani jika hasil produksinya banyak, maka akan binggung kemana akan dijual, jadi kalau menurut kami jangan terus berpikir demikian, jadi tanam saja dahulu dan kalau hasil produksinya maksimal maka pihak pemerintah siap campur tangan membantu para petani menjual hasil pertaniannya,” katanya.

“Sebetulnya kita juga sudah bertemu dengan beberapa orang yang siap membeli hasil pertanian jagung kita, tetapi karena sampai hari ini produksi jagung kita belum ada, maka kita masih hanya sebatas diskusi saja dengan pihak tersebut,” timpalnya.

Bupati Aron berharap, dengan dilaksanakannya penanaman jagung tersebut dapat menjadi langkah awal untuk memberikan hasil yang maksimal produksi jagung di Kabupaten Sekadau dan terus berkelanjutan serta tentunya mampu meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan bagi para petani di Kabupaten Sekadau.

Sementara Kades Mungguk Abang Irwandi mengatakan penanaman jagung tersebut dilaksanakan dilahan milik kelompok tani Bina Usaha yang memiliki lahan seluas dua hektar. Ia menambahkan bahwa untuk di wilayah Desa Mungguk tersebut masih banyak lahan-lahan yang berpotensi untuk diinvestasikan sebagai lahan pertanian.

“Jadi ada 850 hektar lahan yang berpotensi untuk kita kembangkan di Desa Mungguk ini,” ucap Irwan.

“Untuk jumlah kelompok tani yang ada di Desa Mungguk dan juga sudah terdaftar di Kementerian Pertanian itu sudah ada sebanyak 11 kelompok tani dan 1 Gapoktan. Jadi dari sebelas itu salah satunya kelompok tani Bina Usaha yang melaksanakan penanaman jagung pada hari ini,” kata dia.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Anggota DPRD Kabupaten Sekadau Jeffray Raja Tugam, Dandim 1204/Sanggau Letkol Inf Affiansyah, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kab.Sekadau Paulus Yohanes, Kadis DKP3 Kabupaten Sekadau Sandae, Kadis Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Sekadau Afronius Akim Sehan, General Manager PT.BHD Hendrik Kiswanto, Camat Sekadau Hilir Syafi’I, serta Kepala Desa Mungguk Abang Irwandi.

Comment

Terbaru