SAR Pontianak Sebut Kapal Nelayan yang Tenggelam Bertambah

SAR Pontianak Sebut Kapal Nelayan yang Tenggelam Bertambah

KalbarOnline.com – Kepala Kantor Search and Rescue (SAR) Pontianak Yopi Haryadi menyatakan total ada 17 kapal motor (KM) nelayan yang tenggelam akibat cuaca buruk pada Selasa malam (13/7).

“Dari sebanyak itu, delapan unit KM dinyatakan selesai atau sudah ditemukan, dan sembilan unit KM dalam pencarian,” kata Yopi Haryadi di Pontianak, Minggu, 18 Juli 2021.

Dia menjelaskan dengan penambahan satu unit KM nelayan yang tenggelam itu, maka total anak buah kapal (ABK) yang menjadi korban sebanyak 134 orang, sebanyak 77 orang selamat, 42 orang dalam pencarian, 10 orang meninggal, dan lima korban masih belum terindentifikasi.

Baca Juga :  Kapal Bocor, Empat Nelayan Asal Teluk Pakedai Hilang di Perairan Kubu Raya

“KM yang tenggelam, yakni KM CSSK yang berangkat mencari ikan tanggal 11 Juli 2021, dan pada tanggal 13 Juli 2021 KM itu bersama tiga ABK berada di sekitar Pulau Lemukutan, Kabupaten Bengkayang, namun hingga saat ini korban belum bisa dihubungi dan belum kembali ke rumahnya,” kata Yopi.

Pada hari ini (Minggu), lanjut dia, pihaknya bersama TNI-AD dan potensi SAR lain mulai melakukan pencarian di daratan atau pesisir pantai terhadap 42 anak buah kapal atau nelayan yang belum ditemukan.

Baca Juga :  Tenggelam Saat Menyeberang di Sungai Sekadau, Syahrul Maulana Ditemukan Meninggal Dunia

Yopi mengatakan pihaknya bersama TNI-AD dan potensi SAR lain melakukan pencarian dengan metode menyisir di pesisir pantai melalui daratan karena berdasarkan metode pencarian bahwa korban besar kemungkinan terdampar di pesisir pantai.

“Hari ini (Minggu) kami dibantu oleh sebanyak 20 kapal pencarian dari berbagai instansi yang dibagi dalam empat sektor pencarian, kemudian dibantu oleh Lanud Supadio Pontianak dengan mengerahkan satu Heli Super Puma dan satu pesawat Maritim milik TNI AL,” katanya.

Menurut dia, pencarian korban dilakukan maksimal, baik melalui laut, udara, dan darat atau pesisir pantai.

Comment