Categories: NasionalPontianak

Kumpulan Plesetan Singkatan PPKM Terbaru: Bukan Darurat, Tapi Palak Pening Kebanjiran Malam

Kumpulan Plesetan Singkatan PPKM Terbaru: Bukan Darurat, Tapi Palak Pening Kebanjiran Malam

KalbarOnline.com – Pemerintah Kota Pontianak masih menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Darurat disingkat PPKM Darurat hingga 20 Juli 2021 mendatang sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri.

Kebijakan yang mulai berlaku sejak 3 Juli itu awalnya hanya untuk daerah di Jawa-Bali. Namun mulai diberlakukan untuk daerah luar Jawa-Bali lantaran terjadinya kenaikan kasus yang signifikan. Salah satunya Kota Pontianak.

Adapun penerapan kebijakan tersebut dilakukan dengan membatasi ruang gerak masyarakat, dengan tujuan memutus rantai penyebaran virus corona.

Namun kebijakan tersebut sepertinya menimbulkan pro dan kontra di masyarakat. Di sosial media, warganet justru menanggapi PPKM dengan berbagai respons.

Bukan warga +62 jika tidak kreatif. Meski banyak yang mengekspresikan sikap kontra terhadap kebijakan PPKM Darurat dengan hujatan dan cacian kepada pemerintah, banyak juga warganet lainnya yang justru menuliskan komentar kreatif berupa plesetan PPKM.

Beberapa singkatan PPKM diplesetkan warganet mulai dari yang berkaitan dengan realita kehidupan sehari-hari, bucin, lucu dan kocak, sindirian hingga berkaitan dengan dunia politik. Agar semua terhibur. Simak aja ya.

  1. Peraturan Persulit Kehidupan Masyarakat (PPKM)

Nah! Plesetan singkatan PPKM yang satu ini sih sepertinya ditujukan kepada pemerintah. Masyarakat pada hakikatnya malas diatur. Atau mengikuti aturan. Apalagi di masa pandemi ini. Semuanya serba dibatasi. Tapi ingat gaes, kebijakan yang diambil pemerintah ini juga buat rakyat kok. Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Yang sabar aja ya gaes, nikmati masa PPKM Daruratnya.

  1. Palak Pening Kebanjiran Malam (PPKM)

Untuk plesetan singkatan yang satu ini gaes. Datang dari warganet asal Pontianak. Kemarin malam, Pontianak kebanjiran gaes gara-gara diguyur hujan dari malam sampai pagi. Untuk plesetan di atas kalau didefinisikan palak itu sama dengan kepala yang diucapkan dengan logat Melayu Pontianak.

Sementara pening itu semacam pusing. Selanjutnya didefinisikan ya gaes. Bagaimana gak pening coba, kebanjiran malam-malam. Susah tidur gak? Susah tidur gak? Ya susahlah, masa enggak! Sibuk kemasin rumah malam-malam jadinya.

Sedikit informasi gaes, akibat guyuran hujan lebat yang gak berhenti sampai pagi tadi, sejumlah ruas jalan di Pontianak banjir gaes. Eh maaf, kata Wali Kota-nya bukan banjir, tapi tergenang. Tergenang gaes, jangan salah sebut ya, awas loh!

  1. Pas Perlu Kamu Memelas (PPKM)

Untuk yang satu ini sepertinya memang perlu disindir habis-habisan. Waktu perlu aja pasang muka melas ya kan. Biasanya soal pinjam meminjam nih gaes yang beginian hihihi. Yang pernah ketemu makhluk begini, komen ya…

  1. Pas Punya Kamu Menghindar (PPKM)

Nah! Yang ini pas banget disandingkan dengan makhluk yang sesuai dengan plesetan nomor 3 nih gaes. Pas perlu pake acara melas ya kan… eh pas lagi punya justru ngindar. Bangke gak tuh. Hahaha

  1. Pernah Peduli Kemudian Menghilang

Plesetan yang satu ini KalbarOnline dapat dari netizen di Pontianak nih gaes. Netizen barbar korban ghosting. Yang sabar ya gaes. 2021 masih aja jadi korban ghosting. Jangan sampe stress ya gaes. Di masa pandemi ini jauh-jauh deh dari pikiran stress. Ntar positif, tau-tau modar ya kan! Makanya kalo kate Bang Virzha “slow ae bro.”

  1. Pening Palak Kamek Mikirkannye

Ini plesetan dari netizen barbar di Pontianak gaes. Pasti lagi pusing mikirin tagihan bulan depan ya? Ayo ngaku… Pinjem dulu gaes ke tetangga, terus jaga tradisi gali lubang tutup lubang hehehe.

Yaudah, sekian aja ya. Sepertinya singkatan PPKM sudah banyak, tapi sengaja KalbarOnline hadirkan beberapa sindiran karena nyatanya segala sesuatu tidak bisa semuanya diungkapkan secara langsung.

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Pj Bupati Kamaruzaman dan Sekda Yusran Antusias Saksikan Semifinal Indonesia Versus Uzbekistan

KalbarOnline, Kubu Raya - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menggelar nonton bareng (nobar) laga semifinal Piala…

1 hour ago

Optimalkan Pelayanan, Kamaruzaman Teken Kerja Sama dengan Enam Instansi Sekaligus

KalbarOnline, Kubu Raya – Penjabat (Pj) Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman menandatangani kesepakatan bersama dan…

1 hour ago

Warga Padati Halaman Polresta Pontianak, Nobar Indonesia Versus Uzbekistan

KalbarOnline, Pontianak - Ribuan warga Kota Pontianak memadati halaman Polresta Pontianak untuk nonton bareng (nobar)…

8 hours ago

Ribuan Penari Meriahkan Kalbar Menari 2024 di Pendopo Gubernur

KalbarOnline, Pontianak - “Serentak Menari, Bergerak Bahagiakan Bumi” menjadi tema yang diambil dalam peringatan Hari…

8 hours ago

1.085 Atlet Pelajar Siap Berlaga di Popda Kota Pontianak 2024

KalbarOnline, Pontianak – Sebanyak 1.085 atlet pelajar SMP dan SMA se-Kota Pontianak siap berlaga pada…

8 hours ago

Bingkisan Kebahagiaan PLN untuk Warga Kalsel yang Membutuhkan

KalbarOnline.com – Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran…

9 hours ago