Benarkah Vitamin D Bisa Melawan Covid-19?

Vitamin D bisa Melawan Covid-19?

Satu studi menemukan bahwa orang dengan kadar vitamin D rendah memiliki peluang 7,2 persen untuk positif COVID-19. Yang lain menemukan bahwa kadar vitamin D yang tinggi dapat menurunkan risiko infeksi COVID-19 yang parah, terutama pada orang kulit hitam.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 3.000 orang yang kadar vitamin D-nya diuji dalam 14 hari sebelum mereka menjalani tes COVID-19. Orang kulit hitam yang memiliki cukup vitamin D dalam darah mereka – hanya di atas batas normal – dua kali lebih mungkin untuk dites positif daripada mereka yang memiliki kadar vitamin D yang lebih tinggi. Tetapi laporan lain menunjukkan tingkat vitamin D yang lebih tinggi tidak menurunkan risiko infeksi virus, atau keparahan COVID-19. Para peneliti mengamati lebih dari 1 juta orang keturunan Eropa dari 11 negara. Mereka juga memasukkan orang-orang dengan mutasi gen yang memungkinkan mereka memiliki tingkat vitamin D yang tinggi secara alami.

Baca Juga:

Baca Juga :  Edi Kamtono Targetkan 150 ribu Warga Pontianak Telah Divaksin Akhir Juli

Dan studi ketiga menemukan bahwa memberikan vitamin D kepada pasien rawat inap dengan COVID-19 sedang hingga parah tidak membantu kondisi mereka atau mengurangi masa mereka dirawat di rumah sakit.

Comment