Gubernur Sutarmidji Serahkan Sapi Kurban Bantuan Presiden untuk Kubu Raya

Gubernur Sutarmidji Serahkan Sapi Kurban Bantuan Presiden untuk Kubu Raya

Sebar 34 ekor sapi bantuan Pemerintah Provinsi ke seluruh Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menyerahkan sapi kurban jenis limousin seberat 923 kilogram bantuan Presiden kepada pengurus Masjid Nur Ilahi Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya untuk menyambut pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 yang jatuh pada tanggal 20 Juli 2021.

“Setiap tahun Presiden menyerahkan hewan kurban. Tahun lalu Kabupaten Mempawah, di Segedong. Tahun ini giliran Kubu Raya, sebelumnya pernah juga di Sambas. Tahun depan lagi nanti mungkin daerah lain. Kita ucapkan terima kasih,” kata Sutarmidji usai menyerahkan sapi kurban di Kantor Gubernur Kalbar, Selasa, 13 Juli 2021.

Baca Juga :  Pastikan Takaran PUBBM Akurat, Tim Pengawas Kemetrologian Sidak SPBU

Pemerintah Provinsi Kalbar, kata Midji, juga menyerahkan bantuan sapi kurban untuk kabupaten/kota se-Kalbar.

“Ada 34 ekor sapi dari seluruh staf di Kantor Gubernur, kita sebar ke seluruh Kalbar. Untuk penerima memang kita berikan ke daerah yang layak dan membutuhkan serta yang mengajukan proposal bantuan hewan kurban,” katanya.

Untuk mencegah terjadinya kerumunan, orang nomor wahid di Bumi Tanjungpura ini mengimbau agar pelaksanaan pemotongan hewan kurban lebih baik dilaksanakan di rumah pemotongan hewan (RPH).

“Kalau ada, lakukan di rumah potong hewan saja. Kalaupun pemotongan dilakukan di Masjid atau di mana, mohon jangan ada kerumunan. Kalau perlu subuh-subuh motongnya. Jadi tak ramai orang,” kata Midji.

Dia pun menyarankan kepada panitia kurban agar penyerahan daging hewan kurban tidak dibagikan di masjid dalam rangka mencegah potensi kerumunan.

Baca Juga :  Pemprov Kalbar Siapkan Rumah Sakit Darurat Bagi Pasien Covid: Antisipasi RS Penuh

“Lebih bagus panitia yang langsung mengantar ke rumah penerima. Jangan suruh orang yang datang. Pahalanya juga besar, kemudian tak terjangkit Covid,” pesannya.

Sementara Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalbar Muhammad Munsif menjelaskan bahwa hewan kurban bantuan Presiden tersebut dalam pemilihannya telah melalui tahap penyeleksian serta dinyatakan sehat dan layak.

“Sapi bantuan Presiden ini merupakan hasil kawin inseminasi buatan (IB) sapi jenis Limousin dan saat ini sudah berumur 3 tahun 1 bulan,” kata dia.

Sapi bantuan itu diketahui diternak oleh Luko Wasito (40) warga Rasau Jaya Satu, Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya.

Comment