Edi Kamtono Apresiasi Kepeduliaan Mahasiswa GMKI Sukseskan Program Vaksinasi

Edi Kamtono Apresiasi Kepeduliaan Mahasiswa GMKI Sukseskan Program Vaksinasi

KalbarOnline, Pontianak – Program vaksinasi terus bergulir. Vaksinasi Covid-19 tak hanya digelar oleh pemerintah maupun TNI/Polri, komunitas dan organisasi juga ikut mensukseskan program itu dalam rangka menekan angka penularan Covid-19. Satu di antaranya yang diinisiasi Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Pontianak dengan menggelar vaksinasi massal bertempat di Gereja Kemah Injil Indonesia Hebron Pontianak Jalan Prof M Yamin, Sabtu (10/7/2021).

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengapresiasi vaksinasi massal yang diinisiasi oleh GMKI sebagai bentuk kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat. Hal ini menjadi bagian dari bentuk kepedulian mahasiswa dalam menekan angka ketertularan Covid-19 yang terus melonjak.

“Kita harapkan dalam kondisi perang melawan pandemi Covid-19 ini, kita harus sama-sama menjalin kekuatan untuk melawan Covid-19 seperti vaksinasi massal yang dilakukan pada hari ini oleh organisasi mahasiswa GMKI,” ujarnya.

Vaksinasi massal yang digelar para mahasiswa ini dinilainya sebagai langkah yang tepat sebab kalangan mahasiswa termasuk memiliki mobilitas dan aktivitas yang tinggi. Ia berharap meskipun mereka telah menjalani vaksinasi, namun hal yang sangat penting adalah tetap mematuhi protokol kesehatan.

Baca Juga :  Gubernur, Kapolda dan Pangdam Sepakat Cap Go Meh di Kalbar Ditiadakan

“Untuk itu mahasiswa juga berperan mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan,” pesan Edi.

Menurutnya, sebagian besar masyarakat sudah mengetahui adanya program vaksinasi Covid-19. Sehingga ada yang berinisiatif sendiri untuk mencari tempat-tempat yang melaksanakan vaksinasi. Namun ada pula mereka yang beranggapan menunggu untuk divaksin serta ada yang hanya pasrah tanpa berikhtiar. Oleh sebab itu mereka perlu mendapat edukasi dan literasi agar bersedia divaksin demi keselamatan bersama.

“Mudah-mudahan capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Pontianak terus meningkat setiap harinya,” ucapnya.

Terkait PPKM Darurat yang ditetapkan terhadap Kota Pontianak, Edi mengatakan bahwa dirinya selaku Ketua Satgas Covid-19 Kota Pontianak bersama jajaran Forkopimda Kota Pontianak terus mensosialisasikan agar seluruh masyarakat bisa memahami kondisi saat ini serta bersama-sama ikut mendukung kebijakan yang ditetapkan pemerintah pusat demi menekan angka penularan Covid-19 yang kian meluas. Kondisi sekarang ini adalah perang melawan virus yang tidak kasat mata.

“Sehingga kita harus mengorbankan pendidikan dan perekonomian sementara waktu hingga kondisi pulih kembali,” harapnya.

Ketua GMKI Cabang Pontianak, Steper Vijaye menerangkan, pelaksanaan vaksinasi massal ini merupakan kerjasama dengan GKII Hebron Pontianak yang ditujukan kepada seluruh lapisan masyarakat, terutama mahasiswa dan jemaat gereja. Atas nama GMKI Cabang Pontianak, ia menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Edi Kamtono yang telah berkenan hadir memberikan dukungan dengan meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi yang digelar hari ini.

Baca Juga :  Pemprov Kalbar dan Kodam Lanjutkan Pembukaan Akses Jalan Perawas Kayong Utara

“Ini adalah upaya kami membantu pemerintah dalam mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” imbuhnya.

Steper menambahkan, antusias masyarakat dalam vaksinasi ini luar biasa tinggi. Menurutnya, kehadiran vaksin ini sebagai hal vital yang berfungsi mengendalikan pandemi agar tidak meluas. Ia menilai situasi saat ini memang membutuhkan peran mahasiswa sebagai garda terdepan dalam mengkampanyekan bahwa vaksin merupakan salah satu solusi untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Kolaborasi GMKI dengan GKII ini menjadi acuan bagi mahasiswa lainnya agar dapat saling mendukung dalam melawan virus yang telah menyengsarakan semua lapisan.

“Besar harapan kami semoga dengan terlaksananya vaksinasi ini sesuai dengan upaya kita dalam mendukung  pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19,” tutupnya. (J)

Comment