Edi Kamtono Targetkan 80 persen Warga Pontianak Telah Divaksin

Edi Kamtono Targetkan 80 persen Warga Pontianak Telah Divaksin

Pontianak catat 113.600 warga telah divaksin Covid-19

KalbarOnline, Pontianak – Antusias warga mengikuti program vaksinasi massal kian melonjak. Lokasi pelaksanaan vaksin tersebar di beberapa titik, termasuk di GOR Pangsuma yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyebut saat ini capaian jumlah warga yang telah divaksin sebanyak 113.600 orang. Ia berharap jumlah tersebut semakin bertambah sehingga sebagian besar masyarakat telah divaksin.

“Mudah-mudahan dalam waktu singkat bisa mencapai 80 persen warga Kota Pontianak yang divaksinasi Covid-19 untuk mencapai herd immunity,” ujarnya usai meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di GOR Pangsuma, Jumat (9/7/2021).

Selain dipusatkan di GOR Pangsuma, program vaksinasi juga tersebar di puskesmas dan rumah sakit. Termasuk Program Serbuan Vaksinasi Covid-19 yang digelar TNI-Polri serta beberapa komunitas. Dengan tersebarnya lokasi vaksin, cakupannya juga ikut meningkat. Hal itu dibuktikan dengan jumlah peserta vaksin yang pernah tercatat sebanyak 5 ribu orang dalam sehari.

Baca Juga :  Jokowi Bertemu Para Gubernur, Bahas Kebijakan Tekan Penyebaran Covid

“Rerata jumlah orang yang mengikuti vaksin di atas seribu,” ungkap Edi.

Apalagi, lanjutnya, ditambah dengan serbuan vaksinasi yang digelar TNI/Polri maupun komunitas, jumlah peserta vaksin bisa mencapai 10 ribu orang.

“Ini merupakan salah satu bentuk upaya kita dalam mencegah penyebaran Covid-19 sehingga bisa mengurangi dampak keterpaparan,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak Sidiq Handanu menjelaskan, vaksinasi Covid-19 di Kota Pontianak hingga kemarin untuk dosis pertama sudah mencapai 113.600. Kemudian untuk dosis kedua sudah mencapai 53 ribuan.

“Jadi kita akan terus menggencarkan vaksinasi Covid-19 ditambahkan dengan anak 12 hingga 17 tahun,” jelasnya.

Pelaksanaan vaksinasi bagi anak-anak akan dilakukan pada sekolah masing-masing. Sehingga tidak disatukan dengan vaksinasi umum. Pelaksananya adalah puskesmas binaan dengan berkoordinasi dengan wali murid.

Baca Juga :  HUT ke-66 Semakin Memperkuat Sinergitas Pemkot Pontianak dan Pemprov Kalbar Majukan Daerah

“Saat ini untuk vaksinasi Covid-19 bagi anak sekolah memang masih dalam proses koordinasi,” terang Sidiq.

Berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya, saat ini pihaknya tidak lagi menerapkan manajemen stok vaksin. Sehingga ketika vaksin tiba langsung digunakan untuk masyarakat.

“Hal ini untuk mencapai cakupan vaksin pertama lebih diperbanyak,” tuturnya.

Kota Pontianak memiliki tiga sentra besar pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Program tersebut akan terus gencar dilakukan dibantu organisasi masyarakat dan puskesmas yang selalu melaksanakan vaksinasi Covid-19 serta ditambah dengan rumah sakit.

“Kemarin kita bisa mencapai 10.000 orang yang divaksinasi Covid-19 dalam satu hari. Kita lihat di dalam bulan ini capaian vaksinasi di puskesmas juga rata-rata sudah tinggi sekitar 50 orang,” tutupnya. (J)

Comment