Kalbar Masuk Sembilan Besar Provinsi Peningkatan Angka Kematian Akibat Covid

Kalbar Masuk Sembilan Besar Provinsi Peningkatan Angka Kematian Akibat Covid

KalbarOnline, Nasional – Kalimantan Barat masuk dalam sembilan besar provinsi di Indonesia yang mengalami peningkatan angka kematian akibat Covid-19 yang cukup signifikan dalam sepekan terakhir. Hal itu disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers melalui YouTube Sekretariat Presiden, Kamis, 8 Juli 2021.

Sembilan provinsi yang mengalami kenaikan angka kematian tersebut yakni Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Gorontalo, DIY, Bengkulu, Kepulauan Riau, Jambi dan Kalimantan Barat.

“Kenaikan persen kematian yang terjadi dalam satu minggu terakhir lebih signifikan dibanding kesembuhan,” ujar Wiku.

Wiku bilang, kematian yang meningkat ini terjadi akibat keterlambatan penanganan atau perburukan yang tidak dipantau saat isolasi mandiri.

“Untuk itu mohon kepada seluruh Pemerintah Daerah untuk terus meningkatkan pemantauan pada pasien isolasi mandiri, agar dapat segera ditangani dengan cepat apabila terjadi perburukan.

Banyaknya provinsi yang mengalami perkembangan ke arah yang kurang baik ini diharapkan Wiku dapat dijadikan refleksi bagi pemerintah daerah masing-masing.

Kasus kematian akibat Covid-19 berdasarkan data Satgas hari ini bertambah sebanyak 852 orang dalam sehari. Sehingga total pasien meninggal sampai saat ini mencapai 63.760 kasus.

Kemudian, pasien terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah 38.391 orang. Penambahan itu menyebabkan total kasus di Indonesia tercatat 2.417.788 kasus. Selanjutnya, kasus kesembuhan tercatat 1.994.573 orang.

Pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh bertambah 21.185 orang dalam sehari. Sementara, kasus aktif tercatat 359.455 orang. Kasus aktif ialah pasien yang dinyatakan positif Covid-19 dan sedang menjalani perawatan.

BACA JUGA:  Kalbar Resmi Mulai Berlakukan PPKM Mikro Hari Ini, Berikut Penjelasan Harisson

Comment