Sutarmidji Ucap Syukur Presiden Jokowi Penuhi Janji Pembangunan Jembatan Sungai Sambas Besar: Nilainya Rp546 Miliar

Sutarmidji Ucap Syukur Presiden Jokowi Penuhi Janji Pembangunan Jembatan Sungai Sambas Besar: Nilainya Rp546 Miliar

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji mengucap syukur lantaran Presiden Joko Widodo telah memenuhi janjinya untuk pembangunan Jembatan Sungai Sambas Besar. Di mana, saat ini, sudah memasuki masa pengumuman lelang yang diharapkan akan segera ada pemenang lelang. Hal itu diutarakan Midji lewat akun facebook resmi miliknya, Minggu, 7 Juli 2021.

“Nilainya sekitar Rp546 miliar. Insya Allah juga janji saya untuk Jembatan Riam Danau di Ketapang dan Jembatan Korek di Ambawang selesai tahun ini,” tulis Midji.

Di unggahannya itu pun Midji menambahkan bahwa selanjutnya dia bersama Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan akan merealisasikan janji-janjinya untuk pembangunan jalan-jalan berstatus jalan provinsi di Kalimantan Barat secara merata. Termasuk pembangunan gedung sekolah untuk tingkat SMA dan SMK yang baru juga sedang dan terus dibangun di daerah-daerah di provinsi itu.

“Asal Kabupaten siapkan lahan,” tutupnya.

Sebelumnya, dalam lawatan kunjungan kerja ke Kabupaten Sambas, Sutarmidji menyempatkan diri meninjau lokasi pembangunan jembatan yang berlokasi di Desa Makrampai, Kecamatan Tebas itu, Jumat, 9 April 2021. Di kesempatan itu Midji memastikan pembangunan Jembatan Sungai Sambas Besar mulai dibangun tahun ini. Kepastian itu sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo.

Dia meyakinkan bahwa jembatan yang menghubungkan Kecamatan Tebas dengan beberapa kecamatan seperti Tekarang, Jawai dan lainnya itu yang memang telah lama ditunggu masyarakat Sambas itu akan terwujud.

Baca Juga :  Produk Unggulan Khas Kalbar Jadi Incaran Para Wisatawan

Orang nomor wahid di Bumi Tanjungpura ini mengatakan, pembangunan Jembatan Sungai Sambas Besar sedang menunggu tentang keselamatan jembatan.

“Ya jalan pendekatnya sudah ini ya. Saya yakin ini terwujud, apakah dua tahun anggaran atau tiga. Kita lihat,” kata dia.

Pemerintah Provinsi Kalbar juga lanjut Midji, akan memperjuangkan pembangunan Jembatan Kapuas III.

“Jembatan ini sudah dianggarkan Rp 700 miliar. Mudah-mudahan sudah selesai di masa pemerintahan Pak Jokowi,” katanya.

Dia menambahkan, Presiden Jokowi telah menetapkan pembangunan Jembatan Sungai Sambas Besar (JSSB) dimulai tahun ini. Justru, kata Sutarmidji, Presiden yang mengingatkan agar pembangunan jembatan segera dimulai.

“Presiden bilang mulai, ya mulai. Ini beliau yang ingatkan. Kalau beliau itu, kalau sudah mulai, ya selesai,” tegasnya.

Saat ini, pembangunan jalan ke lokasi Jembatan Sungai Sambas Besar telah dikerjakan oleh balai. Ada tiga segmen jalan, yakni segmen Makrampai, segmen Tekarang dan segmen Rambayan. Dari tiga segmen tersebut, total panjang jalan adalah kurang lebih lima kilometer. Gubernur Kalbar juga menyampaikan terima kasih kepada Kementerian PUPR atas sinergi pembangunan kawasan tersebut.

Pembangunan yang diperjuangkan Pemerintah Provinsi Kalbar ini untuk mengupayakan pemenuhan kebutuhan akses infrastruktur bagi masyarakat di Kabupaten Sambas.

Setelah terhenti dan bahkan beredar wacana JSSB (Jembatan Sungai Sambas Besar) akan ditunda, Presiden RI Joko Widodo menghubungi Gubernur Kalbar. Dia berpesan bahwa pembangunan harus terus dijalankan terkhusus di masa kepemimpinannya.

Baca Juga :  Gubernur Sutarmidji Sambut Kedatangan Zulkifli Hasan di Kalbar

Berikut postingan lengkap Sutarmidji

“Assalamu’alaikum, Alhamdulillah janji pak Jokowi utk pembangunan jembatan Sungai Sambas Besar sekarang sdh pengumuman lelang, semoga segera ada pemenang, Nilainya sekitar 546 M. Insya Allah juga janji saya utk jembatan Riam Danau di Ktp dan Jembatan Korek di Ambawang selesai tahun ini. Selanjutnya saya bersama pak Ria Norsan akan realisasikan janji kami utk jalan jalan Provinsi di Kalbar secara merata. Sekolah sekolah SMA/K yg baru juga sedang dan terus dibangun di daerah daerah, asal Kabupaten siapkan lahan”

Sutarmidji merupakan satu dari sekian kepala daerah di Indonesia yang aktif di media sosial khususnya di Fanspage Facebook dan Instagram untuk menyampaikan informasi penting sekaligus berkomunikasi dengan masyarakat.

Akun fanspage Facebook Sutarmidji sendiri menggunakan nama Bang Midji. Sementara akun Instagram-nya menggunakan nama @bang.midji. Di mana akunnya sudah diverifikasi atau centang biru.

Unggahan-unggahan Midji, khususnya di fanspage Facebook memang selalu dinantikan masyarakat. Terlebih sejak pandemi Covid-19 ini. Nyaris setiap hari, Sutarmidji membuat unggahan yang berisi informasi seputar pembangunan dan perkembangan kasus virus corona di Kalbar. Setiap unggahannya pun langsung diserbu ratusan atau bahkan ribuan komentar warganet.

Comment