Ratusan Pekerja PETI Geruduk Kantor Camat Nanga Mahap

Ratusan Pekerja PETI Geruduk Kantor Camat Nanga Mahap

KalbarOnline, Sekadau – Ratusan pekerja pertambangan emas tanpa izin (PETI) dari sejumlah desa di Kecamatan Nanga Mahap melakukan unjuk rasa di Kantor Camat Nanga Mahap, Kabupaten Sekadau, Selasa (29/6/2021).

Unjuk rasa yang dilakukan itu sebagai bentuk sikap masyarakat terhadap razia PETI yang dilakukan Forkopimcam Nanga Mahap dengan membakar alat milik pekerja PETI pada Sabtu (26/6/2021) lalu.

Baca Juga :  Ketua IPSI Sekadau Nantikan Apresiasi Pemda ke Atlet Porprov

Koordinator aksi, Abang Abdurani mengatakan, sulitnya mencari pekerjaan, terlebih lagi dalam situasi pandemi Covid-19 ini membuat masyarakat menggantungkan hidup menjadi pekerja PETI.

Massa yang kesal karena Camat tidak berada di tempat pun lantas bertindak anarkis dengan memecahkan kaca kantor dan fasilitas umum di lingkungan Kantor Camat Nanga Mahap. Aksi demo anarkis itu bahkan viral di media sosial.

Baca Juga :  Rawan Kecelakaan dan Tindak Kejahatan, Sejumlah Desa di Sekadau Dambakan PJU

Ramainya massa aksi membuat aparat TNI dan Kepolisian kewalahan. Aparat sempat mengeluarkan sejumlah tembakan peringatan untuk mencegah warga melakukan aksi anarkis.

Namun belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian terkait kejadian itu. Kapolres Sekadau, AKBP K Tri Panungko dan Kasat Reskrim, Iptu Anuar Syarifuddin belum bisa dimintai keterangannya.

Comment