Bupati Martin Rantan Perintahkan Para Camat dan Kades Lakukan Persiapan Pemekaran Kecamatan

Bupati Martin Rantan Perintahkan Para Camat dan Kades Lakukan Persiapan Pemekaran Kecamatan

KalbarOnline, Ketapang – Bupati Ketapang, Martin Rantan bersama Wakil Bupati Ketapang, Farhan melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Pemahan dalam rangka persiapan pemekaran kecamatan. Dalam kesempatan tersebut, Bupati meminta agar para Camat dan Kepala Desa untuk menyiapkan pemekaran daerah otonomi baru (DOB), Senin (28/6/2021).

Bupati menyampaikan, bersadarkan Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, meskipun moratorium pemekaran otonomi baru belum dibuka oleh Pemerintah Pusat tetapi pesiapan pemerakan sudah harus dilakukan dari sekarang.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan terkait wilayah administrasi Kecamatan yang akan dimekarkan di antaranya Kecamatan Sandai, Laur dan Nanga Tayap. Berikutnya Kecamatan Manismata Marau, Air Upas, Singkup, Jelai Hulu Tumbang Titi, Sei Melayu Rayak dan Pemahan.

Baca Juga :  Tujuh Fraksi DPRD Ketapang Setujui 10 Raperda Jadi Perda

Menurut Bupati, pemekaran adalah solusi mengatasi luasan wilayah serta memperpendek rentang kedali pemerintahan. Hal tersebut menurut Bupati, lantaran luasan wilayah administratif Kabupaten Ketapang setara dengan luas wilayah Provinsi Jawa Tengah.

“Provinsi Jateng dengan 29 kabupaten dan 6 kota. Sementara Kabupaten Ketapang dengan luas wilayah seluas Jateng hanya dibiayai satu APBD saja,” jelas Bupati.

Untuk itu, Bupati meminta Camat dan Kepala Desa bersama warga masyarakat untuk menyiapkan dokumen-dokumen pemekaran yang nanti akan diajukan ke Pemerintah Pusat jika moratorium pemekaran daerah otonomi sudah dibuka.

Di kesempatan itu Bupati juga menyampaikan imformasi pembangunan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Ketapang. Di antaranya pembangunan Puskesmas Rawat Inap di Desa Lalang Panjang yang pembangunannya sudah rampung, serta pembangunan SPBU 3T yang pekerjaannya sedang dilakukan.

Baca Juga :  Jalin Silaturahmi dengan Masyarakat, Kader Demokrat Ketapang Turun ke Jalan Bagikan Ratusan Paket Takjil Gratis

“Terima kasih kepada warga Pebihingan atas dukungan pembangunan yang dulunya ada pro dan kontra dan sekarang Puskesmas tersebut tinggal menunggu peresmian,” ucap Bupati.

Di kesempatan itu juga Bupati mengharapkan kepada warga Pebihingan untuk segera mnyiapkan lahan pembangunan Polsek Sub Sektor Pemahan.

“Pemerintah Daerah akan membangun Polsek Sub Sektor Pemahan melalui belanja hibah yang nanti akan diserahkan ke Polres Ketapang,” kata Bupati.

Kehadiran Bupati dan wakil Bupati didampingi oleh Camat Tumbang Titi, Sabran, Camat Pemahan, Sudirman Sinaga dan Camat Sungai Melayu Rayak, Matjuni. (Adi LC/Humpro Ketapang)

Comment