Desa Perigi Ketapang Juara Tiga Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalbar

Desa Perigi Ketapang Juara Tiga Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalbar

KalbarOnline, Ketapang – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menyelenggarakan Lomba Desa/Kelurahan tingkat Provinsi Kalbar dan telah melakukan berbagai proses dan penilaian hingga menetapkan para pemenang, Kamis (24/6/2021). Satu di antara desa pemenang yang masuk tiga besar yakni desa dari Kabupaten Ketapang.

Adalah Desa Perigi, Kecamatan Jelai Hulu yang berhasil meraih juara tiga. Sebab itu masyarakat Ketapang khususnya Desa Perigi patut berbangga dengan keberhasilan ini. Lantaran peserta lomba itu berasal dari berbagai desa di kabupaten/kota yang ada di Kalbar.

Baca Juga :  Sempat Terhenti, Pembangunan Puskesmas Pemahan Dilanjutkan Tahun ini

“Ini merupakan hasil yang terbaik dan kita ucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak,” ucap Camat Jelai Hulu, Markus kepada wartawan di Ketapang, Kamis (24/6/2021).

Ia menjelaskan penetapan juara ini setelah proses tahapan penilaian dilalui. Sebelum penetapan penilaian dirinya mendampingi Kepala Desa Perigi, Ponsius Karmidi melakukan pemaparan melalui video conference, Kamis (24/6/2021) pagi. Kemudian penetapan hasil lomba dilakukan panitia pada siangnya, Kamis (24/6/2021).

“Prestasi ini cukup membanggakan karena Desa Perigi tergolong baru. Karena Desa Perigi merupakan pemekaran dari Desa Deranuk di Kecamatan Jelai Hulu ini,” ungkap Markus.

Baca Juga :  Pemkab Ketapang Serahkan Hewan Kurban ke Sejumlah Masjid, Madarasah dan Yayasan

Bahkan menurutnya usia Desa Perigi belum genap sepuluh tahun sejak pemekaran. Letaknya cukup jauh dari Kota Ketapang berjarak lebih dari 100 Kilo Meter (KM). Jumlah penduduknya tidak banyak, berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Ketapang hanya 646 jiwa per Desember 2020.

“Namun karena kekompakan masyarakat desa bersama seluruh perangkatnya. Sehingga mereka berhasil mengharumkan nama desa hingga tingkat provinsi. Sebelumnya Desa Perigi juga berhasil menjadi juara pertama lomba tingkat Kabupaten Ketapang,” tandasnya. (Adi LC)

Comment