by

Ternyata Ini Penyebab Film The Raid 3 Batal Dibuat!

Ternyata Ini Penyebab Film The Raid 3 Batal Dibuat!

KalbarOnline, Box Office – Sutradara Gareth Evans memulai film aksi Indonesianya dengan Merantau pada tahun 2009, yang juga menjadi film pertama Iko Uwais. Awalnya tujuan Evans hijrah ke Indonesia adalah untuk membuat film dokumenter tentang seni bela diri Silat, dan setelah melihat bakat dari Uwais, dia mengajak Uwais untuk berperan dalam film Silat Merantau sebagai Yuda sang pengembara heroik. Kerja sama mereka tidak berhenti disitu. Pada tahun 2012 Evans dan Uwais berhasil memperkenalkan Silat dengan film aksi brutal berjudul The Raid 2012.

Film The Raid menceritakan penggerebekan polisi di kompleks apartemen Jakarta yang dipenuhi pembunuh dan psikopat. Film tersebut menggabungkan adegan aksi Silat dengan suasana horor survival yang berhasil menghadirkan film aksi klasik. Setelah film pertama sukses, Evans merilis sekuelnya yang berjudul The Raid 2 pada tahun 2014, memperluas plot pada keluarga penjahat di Jakarta. Film sekuel tersebut mempunyai cerita yang lebih kompleks dan adegan aksi yang lebih liar. Meskipun sebelumnya Evans menganggap waralaba The Raid sebagai trilogi, tetapi The Raid 3 tidak pernah terjadi sampai sekarang.

Setelah mengerjakan The Raid 2, Evans mengambil jeda dari pembuatan film aksi dengan film horor yang tayang di Netflix berjudul Apostle pada tahun 2018. Dalam wawancaranya pada tahun 2016 dengan Impact Online, Evan mengungkapkan bahwa kesuksesan The Raid 2 dan kembalinya Evans ke Inggris membuatnya merelakan The Raid 3. “Apakah itu keputusan yang sengaja atau tidak, kembali ke Inggris terasa seperti babak penutup dari waralaba itu,” kata Evans. “Saya rasa kami mengakhiri cerita dengan cukup rapi di bagian ke-2.”

Evans juga mengulangi hal yang sama ketika mempromosikan Apostle, dalam wawancaranya dengan Slash Film, Evan menyatakan “Apa yang kami lakukan dengan The Raid 2, kami menutupnya dengan baik, jadi tidak terlalu menarik bagi saya untuk kembali ke dunia itu lagi.” Evans juga menyatakan bahwa kalaupun The Raid 3 terjadi, karakter yang diperankan oleh Uwais yaitu Rama, akan memiliki peran kecil di The Raid 3. Mengingat di akhir film, Rama mengatakan “Tidak, saya sudah selesai,” ketika didekati oleh Goto dan anak buahnya.

Baca Juga:  Patuh Protokol Kesehatan Tekan Kenaikan Covid-19 Saat Libur Panjang

Jika waralaba The Raid dilanjutkan, film ini akan lebih fokus pada keluarga kriminal Goto yang berkonflik dengan Yakuza. Hal tersebut justru kemungkinan akan membuat waralaba The Raid menjadi tidak begitu diminati, mengingat film-film sebelumnya sangat erat dengan karakter Rama dan seni bela diri Silat, bukan Goto dan yakuzanya. Walaupun nasib The Raid 3 berhenti, remake Amerika dari The Raid tetap dalam pengembangan, dengan sutradara Joe Carnahan, penulis Adam Simon, dan aktor Frank Grillo sepakat bahwa filmnya bukanlah remake, melainkan sesuatu yang baru berjudul Zeno.

Saat ini Evans melanjutkan karirnya dengan serial Apostle dan Gangs of London. Uwais juga telah menjadi salah satu bintang seni bela diri dengan film-film seperti Beyond Skyline, The Night Comes For Us, serial Netflix Wu Assassins, dan film yang akan datang yaitu Snake Eyes: G.I. Joe Origins. Meskipun The Raid 3 tidak pernah terjadi, setidaknya Evans dan Uwais telah berhasil membuat film aksi klasik The Raid dan The Raid 2 membekas di hati para penggemar. (GreenScene)

Comment