Pemkab Kapuas Hulu Berencana Bangun Laboratorium PCR: Mudahkan Penanganan Covid

Pemkab Kapuas Hulu Berencana Bangun Laboratorium PCR: Mudahkan Penanganan Covid

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu berencana akan membangun laboratorium pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) di daerah tersebut untuk mempermudah penanganan pandemi Covid-19. Hal ini diutarakan Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan.

“Kami memang berencana ingin membangun laboratorium PCR, tetapi akan melihat kemampuan anggaran daerah,” kata Bupati seperti dilansir KalbarOnline dari Antara Kalbar.

Orang nomor wahid di Bumi Uncak Kapuas ini mengatakan, saat ini Pemkab Kapuas Hulu telah memiliki mobile PCR, namun kondisi mengalami kerusakan pada perangkat lunak.

Baca Juga :  Pengurus IPHI Bekerja Tanpa Imbalan dan Iming-iming, Ria Norsan: Hanya Mengharapkan Ridha Allah SWT

Menurut dia, mobile PCR itu seharusnya tidak berkeliling, karena memang memiliki perangkat lunak yang rentan dengan kerusakan.

“Kabupaten Landak sudah ada laboratorium sendiri dan tidak lagi mengirim sample tes swab ke provinsi, rencananya kita pun akan bangun laboratorium seperti itu,” jelas Fransiskus.

Dikatakan Bupati Sis- sapaan akrab Fransiskus Diaan, Pemkab Kapuas Hulu saat ini memang masih fokus terhadap penanganan Covid-19, karena memang pandemi Covid-19 sangat berdampak terhadap semua lini kehidupan termasuk di kalangan pemerintahan.

Baca Juga :  Sutarmidji Pastikan Evaluasi Simulasi Sekolah Tatap Muka

Disebutkan Sis, yang perlu ditingkatkan yaitu kesadaran masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Kita zona kuning, ada sejumlah kecamatan mengalami kenaikan sebaran Covid-19, jadi hal itu harus menjadi perhatian kita semua, jangan dianggap sepeleh karena yang lebih berbahaya orang tanpa gejala,” tandasnya.

Comment