Satgas Covid-19 Pontianak Akan Terapkan PPKM 14 Hari Mulai Senin Pekan Depan

Satgas Covid-19 Pontianak Akan Terapkan PPKM 14 Hari Mulai Senin Pekan Depan

KalbarOnline, Pontianak – Terjadinya lonjakan kasus konfirmasi positif Covid-19, Tim Satgas Covid-19 Kota Pontianak akan melakukan langkah-langkah dalam menekan penyebaran Covid-19. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro juga akan diberlakukan secara ketat di wilayah Kota Pontianak.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono selaku Ketua Tim Satgas Covid-19 Kota Pontianak menerangkan, berdasarkan hasil rapat koordinasi, Tim Satgas Covid-19 Kota Pontianak akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat selama lima hari ke depan.

“Sosialisasi yang disampaikan adalah penerapan PPKM secara ketat akan diberlakukan selama 14 hari ke depan, dimulai Senin pekan depan,” ujarnya usai memimpin rapat koordinasi Satgas Covid-19 Kota Pontianak di Aula Sultan Syarif Abdurrahman Kantor Wali Kota Pontianak, Selasa (8/6/2021).

Baca Juga :  Lawan Covid-19, Masyarakat Wajib Dukung Lacak Kontak Erat

Edi menambahkan, PPKM yang akan diberlakukan berupa pembatasan jam operasional, mencegah terjadinya kerumunan serta peningkatan fasilitas kesehatan. Untuk itu, masyarakat diharapkan bisa menahan diri dan bersabar agar pandemi Covid-19 bisa mereda.

“Sehingga upaya untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di Kota Pontianak bisa kita lakukan,” tuturnya.

Selain itu, penerapan PPKM secara ketat juga menyasar masyarakat untuk menggunakan masker, terutama pada tempat-tempat keramaian seperti pasar, acara pertemuan maupun warung-warung kopi. Aktivitas warga juga akan dilakukan pembatasan hingga pukul 21.00 WIB.

“Untuk tingkat RT/RW diharapkan bisa menjaga agar tidak ada kegiatan yang menimbulkan keramaian,” imbuhnya.

PPKM secara ketat dilakukan karena adanya peningkatan kasus Covid-19 terutama yang bergejala. Demikian pula Bed Occupancy Rate (BOR) atau tingkat hunian di rumah sakit juga sudah di atas 80 persen. Kemudian pasien yang meninggal dunia juga semakin mengalami peningkatan.

Baca Juga :  Banjar Serasan Masuk 5 Besar Lomba Kelurahan Regional Kalimantan dan Sulawesi

“Setelah 14 hari penerapan PPKM secara ketat, kami akan evaluasi lagi apakah adakah penurunan kasus atau tidak,” kata Edi.

Kapolresta Pontianak Kota, Kombes Pol Leo Joko Triwibowo menyatakan, pihaknya akan memberikan sosialisasi secara kontinyu berlandaskan prinsip keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi dalam menangani pandemi Covid-19. Pihaknya juga akan mendukung Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak dalam menerapkan PPKM di Kota Pontianak.

“Kami mendukung Pemkot Pontianak jika ada pelanggaran yang dilakukan oleh pelaku usaha maka akan diberikan sanksi tegas,” tegasnya.

Selama pemberlakuan PPKM nantinya, Satgas Covid-19 akan menyampaikan setiap hari batas waktu aktivitas masyarakat.

“PPKM secara ketat akan kita laksanakan selama 14 hari. Kemudian akan dievaluasi untuk diperpanjang atau dilonggarkan,” pungkasnya. (J)

Comment