Categories: Kapuas Hulu

Sekda Sebut Kerjasama Tim Penting Untuk Pertahankan Nilai SPBE

Sekda Sebut Kerjasama Tim Penting Untuk Pertahankan Nilai SPBE

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Mohd Zaini mengatakan bahwa tim Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kapuas Hulu sudah melakukan rapat evaluasi di Sekretariat Daerah setempat, Kamis (3/6/2021) pagi. Salah satu fokus rapat adalah memperbaiki kekurangan dan mencari solusi dari penyelenggaraan SPBE tersebut serta untuk mengukur capaian kemajuan penerapan SPBE pada Pemerintah Daerah.

“Tadi kami lakukan rapat internal tim pengarah bersama dengan tim koordinator dan assesor. Tujuannya untuk meningkatkan atau paling tidak mempertahankan nilai yang sudah dicapai 2,6 itu,” ujarnya.

Sekda menjelaskan kondisi terbaru ini dalam penilaian SPBE ada perubahan indikator, sebelumnya 30an menjadi 40an indikator. Ini yang kemudian mempengaruhi nilai SPBE Kapuas Hulu pada tahun ini, menjadi 2,058.

“Untuk itu tim ini harus sama-sama mengupayakan perbaikan atas kekurangan yang ada. Kita tidak bisa kerja sendiri-sendiri, ini butuh dukungan bersama,” tegasnya.

Sementara itu, Kabid Statistik dan Aplikasi Informatika Hambali Hambali menambahkan bahwa tujuan SPBE adalah untuk tata kelola pemerintah yang efektif, bersih dan transparan. Evaluasi terkait SPBE ada yang dilakukan secara internal dan eksternal. Untuk yang eksternal biasanya kerjasama dengan perguruan tinggi yang ditetapkan oleh KemenpanRB.

“Untuk saat ini adalah evaluasi internal,” ujarnya.

Hambali juga menjelaskan ada perubahan indikator, penambahan dan pengurangan aspek dalam penilaian SPBE. Ini menjadi aspek yang menurunkan capaian nilai SPBE Kapuas Hulu.

“Ada kebijakan yang belum bisa kita capai dalam indikator tersebut,” ungkapannya.

Hambali menuturkan ada kebutuhan yang perlu dilengkapi untuk menunjang SPBE Kapuas Hulu agar berjalan baik. Setidaknya ada dua, yaitu sumber daya manusia dan sarana Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

“Kita ini butuh SDM dan pendukung TIK, agar SPBE lebih baik,” tuntasnya.

 

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Perguruan Tinggi dari Luar Negeri Akan Ramaikan Pameran Pendidikan di PCC, Catat Tanggalnya!

KalbarOnline, Pontianak - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat bekerja sama dengan EMGS (Education…

27 mins ago

Kepolisian Selidiki Potongan Tubuh Manusia di Selokan Jalan Danau Sentarum

KalbarOnline, Pontianak - Potongan tubuh manusia ditemukan dalam selokan di Jalan Danau Sentarum, Kota Pontianak,…

59 mins ago

Pesona Pantai Temajuk: Surga Tersembunyi di Kalimantan Barat

KalbarOnline, Sambas - Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang memiliki banyak destinasi wisata bahari menakjubkan.…

1 hour ago

Menikmati Keindahan Alam di Bukit Ampan: Destinasi Mendaki yang Memikat

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Apakah Anda ingin merasakan sensasi mendaki namun masih pemula? Bukit Ampan…

1 hour ago

Keindahan Danau Balairam: Destinasi Wisata Menakjubkan di Kalimantan Barat

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Kalimantan Barat dikenal dengan kekayaan alamnya yang luar biasa, salah satunya…

1 hour ago

Pemerintah Sosialisasikan Peraturan Bupati Ketapang Nomor 19 Tahun 2022

KalbarOnline, Ketapang - Asisten Sekda bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Ketapang, Heryandi membuka sosialisasi…

1 hour ago