Wabup Wahyudi Harap Peran Aktif Punggawa dan Temenggung Adat Jaga Komunikasi dan Harmonisasi Sosial

Wabup Wahyudi Harap Peran Aktif Punggawa dan Temenggung Adat Jaga Komunikasi dan Harmonisasi Sosial

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat menghadiri kegiatan Pembinaan Fungsionaris Adat Penggawa dan Temenggung Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2021 di aula Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kapuas Hulu, Kamis (27/5/2021).

Dalam kesempatan itu, Wabup Wahyudi mengingatkan bahwa keberadaan lembaga adat seperti Temenggung/Punggawa memegang peranan penting dalam tatanan pemerintah Desa. Keberadaan lembaga adat tersebut diatur dengan peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor: 18 Tahun 2018 Tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa.

“Dalam pasal 13 ayat (3) menyatakan Bupati/Walikota melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pembentukan, pemberdayaan dan pendayagunaan Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa sebagai mitra Pemerintah Desa di wilayahnya,” ujarnya.

Baca Juga :  Ini Pesan Fransiskus Diaan Saat Hadiri Acara Penutupan Gawai Dayak XXXVI Tahun 2022 di Pontianak

Wabup berharap Punggawa Adat dan Temenggung berperan aktif di setiap masyarakatnya dalam menjaga hubungan antar sesama komunitas dan wilayah tertentu serta di masa Pandemi Covid-19 dapat memantau dan mengkondisikan masyarakatnya supaya tetap bisa mematuhi protokol kesehatan.

“Di Kabupaten Kapuas Hulu baru ada dua kelompok besar identitas kesukuan yang menaungi urusan adat dan istiadat, budaya dan norma-norma berkehidupan yang tumbuh dan berkembang di masyarakat. Kedua suku yang dimaksud yaitu Suku Melayu disebut dengan Punggawa Adat dan Suku Dayak disebut dengan Temenggung. Gunakanlah jabatan, kewenangan dan kepercayaan masyarakat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sehingga mampu memberikan kenyamanan dan mewujudkan keharmonisan bagi masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu dengan berbagai Suku, Adat dan Budaya yang ada. Saya juga sampaikan dengan para Punggawa Adat dan Tumenggung di masa Pandemi virus Covid-19 ini, saudara sekalian bisa memantau dan mengindahkan protokol kesehatan pada masyarakat yang ada di daerahnya masing-masing,” tegas Wakil Bupati.

Baca Juga :  Peringati HKN, Bupati Sis Ingatkan Masyarakat Terus Disiplin Protokol Kesehatan

Hadir pula dalam kesempatan itu Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, Kuswandi, Kepala DPMD Kabupaten Kapuas Hulu, Alpiansyah beserta jajaran dan seluruh penggawa adat/temenggung yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu.

Comment