Cegah Karhutla, Babinsa Teluk Batang Utara Jajaran Kodim 1203/Ktp Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Bersama MPA

Cegah Karhutla, Babinsa Teluk Batang Utara Jajaran Kodim 1203/Ktp Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Bersama MPA

KalbarOnline, Kayong Utara – Babinsa Teluk Batang Utara jajaran Kodim 1203/Ktp, Praka Andri melaksanakan patroli dan sosialisasi bersama Masyarakat Peduli Api (MPA) di  wilayah binaan guna mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Kegiatan itu dilakukan di Dusun Karya Mulia RT/01, Desa Teluk Batang Utara, Kecamatan Teluk Batang, Kabupaten Kayong Utara, Selasa (25/5/2021).

Adapun sasaran patroli Karhutla sekaligus sosialisasi kali ini adalah lahan yang dianggap rawan terjadinya Karhutla yang tumbuhi rumput ilalang yang sangat mudah sekali terbakar pada musim kemarau.

Baca Juga :  Pentingnya Koordinasi, Babinsa Tanjung Raja Jajaran Kodim 1203/Ktp Cek Peralatan Damkar

“Sasaran ini kita anggap rawan dari Kebakaran Hutan dan Lahan,” ujar Praka Andri.

Praka Andri menyebutkan patroli dan sosialisasi karhutla ini intinya bertujuan mengajak masyarakat setempat untuk menjaga serta mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di desa binaan.

Tak hanya itu Babinsa Teluk Batang Utara juga menyampaikan kepada warga akan bahaya apabila terjadi karhutla dengan menjelaskan tentang dampak kesehatan yang ditimbulkan dari kebakaran hutan dan lahan tersebut.

Sementara itu Sekretaris Desa Teluk Batang Utara, Muhammad Ali mengatakan kalau patroli dan sosialisasi ini memang harus rutin dilakukan dengan pihak-pihak terkait guna terjalinnya kebersamaan dan persamaan persepsi di lapangan.

Baca Juga :  Bahas Rencana Pembukaan Jalan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Tumbang Titi Sampaikan Imbauan Kamtibmas

“Dengan selalu melakukan koordinasi dalam mengatasi karhutla di desa kita ini,” ucapnya.

Hal ini dibenarkan oleh Pj. Danramil 1203-15/Tl. Batang, Serma Ariyanto A. Kamumu yang menyebut bahwasanya patroli dan sosialisasi karhutla di desa binaan memang harus rutin dilaksanakan untuk mengetahui sedini mungkin tentang kondisi sosial masyarakatnya.

“Dalam mensosialisasikan Karhutla diwilayah binaanya, sehingga mendapatkan data dan fakta sebagai penunjang mengatasinya,” tandasnya. (Adi LC/Pendim 1203)

Comment