Ketua ISKA Sekadau Sayangkan Tak Ada Formasi CPNS dan PPPK Guru Selain Agama Islam

Ketua ISKA Sekadau Sayangkan Tak Ada Formasi CPNS dan PPPK Guru Selain Agama Islam

KalbarOnline, SekadauKetua Ikatan Sarjana Katolik (ISKA) Kabupaten Sekadau, Paulus Subarno menyayangkan formasi penerimaan CPNS dan PPPK Guru agama tahun 2021. Pasalnya beberapa waktu lalu beredar informasi terkait penerimaan formasi CPNS Pemerintahan Provinsi Kalimantan Barat tahun anggaran 2021 terkhusus untuk formasi guru agama.

Namun sayang, dibalik kabar gembira tersebut, timbul pertanyaan besar di masyarakat terkait formasi guru agama yang hanya dibuka untuk agama tertentu saja.

Baca Juga :  Tim Gabungan Gelar Razia Pajak Kendaraan di Tugu Cidayu Sekadau

“jika kita melihat komposisi penduduk Kalbar berdasarkan agama maka kita akan melihat fakta bahwa penduduk Kalbar terdiri dari enam agama resmi yang diakui negara dan semua itu perlu mendapatkan pelayanan yang adil dan proporsional dari institusi negara khususnya Dinas Pendidikan dan Satuan Pendidikan di bawah kewenangan Pemprov,” Kata Paulus Subarno, Senin (24/5/2021).

Sebagai salah satu aktivis, Paulus Subarno menilai publik tentu berhak bertanya, apakah hanya satu agama saja yang saat ini kekurangan guru agama.

Baca Juga :  Pengamanan Rapat Penetapan Paslon Pilkada, Polres Sekadau Kedepankan Protokol Kesehatan

“Jika data dan faktanya semua agama masih kekurangan guru agama, maka alangkah arif dan bijaksananya bila Gubernur dapat meminta kepada Kemenpan RB serta kementerian untuk meninjau kembali formasi tersebut,” lanjut Subarno.

Dirinya juga mengingatkan semua pihak bahwa sejatinya masyarakat di Kalbar sangat beragam.

“Maka sudah semestinya sebagai pengambil kebijakan, Gubernur harus benar-benar sensitif sehingga bisa menerapkan asas keseimbangan atau keadilan, sesuai dengan prinsip dan nilai-nilai Pancasila,” pungkasnya. (Mus)

Comment