by

Sejumlah Desa di Kalis dan Mentebah Kapuas Hulu Terendam Banjir

Sejumlah Desa di Kalis dan Mentebah Kapuas Hulu Terendam Banjir

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Sejumlah desa di Kecamatan Kalis dan Kecamatan Mentebah terendam banjir. Hal ini disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Gunawan. Setidaknya ada sembilan desa di Kecamatan Kalis dan dua desa di Kecamatan Mentebah yang terendam.

Gunawan berujar, banjir yang merendam desa-desa di Kecamatan Kalis itu dilewati daerah aliran sungai Kalis dan Mandai. Di mana, sembilan desa tersebut yakni Desa Nanga Raun, Tapang Daan, Samarantau, Kalis raya, Kalis, Segiam, Peniung, Tekudak dan Lebangan.

Untuk ketinggian air sendiri, kata dia, bervariasi. Tergantung letak posisi permukaan tanah. Diperkirakan ketinggian air 50 sentimeter sampai 1,5 meter untuk desa yang terdampak banjir di Kecamatan Kalis.

“Banjir juga melanda kecamatan mentebah yaitu desa Nanga Mentebah dan desa Tanjung Intan,” ungkapnya.

Gunawan mengatakan, pihaknya saat ini terus melakukan monitor kejadian banjir. Selain itu, BPBD juga telah mengirim telek ke beberapa kecamatan yang beresiko terkena dampak bencana alam.

“Kami sudah ke lokasi bencana sekaligus koordinasi dengan pihak kecamatan dan desa setempat. Kami juga sudah mengirim surat atau telek kepada kecamatan terkait kewaspadaan, kesiapsiagaan banjir yang mungkin dan yang telah terjadi,” kata dia.

Gunawan juga mengimbau agar pihak kecamatan dan desa dapat monitor terus perkembangan yang terjadi. Hal itu salah satu langkah awal dalam upaya untuk mengurangi resiko dari pada dampak yang mungkin terjadi nantinya.

“Masyarakat juga harus waspada terhadap bencana banjir atau longsor, terutama jika pemukimannya dekat aliran sungai atau area tebing. Pasalnya intensitas hujan cukup tinggi belakangan ini,” pungkasnya.

Comment

Terbaru