by

Maman Abdurrahman Ajak Penyintas Covid Donorkan Plasma Konvalesen

Maman Abdurrahman Ajak Penyintas Covid Donorkan Plasma Konvalesen

KalbarOnline, Pontianak – Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Kalimantan Barat, Maman Abdurrahman mengajak para penyintas Covid-19 untuk mendonorkan plasma konvalesen. Hal itu disampaikan Maman usai menghadiri kegiatan donor darah yang digelar Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) Kalbar bersama Palang Merah Indonesia (PMI) dalam rangka memperingati Hari Kabangkitan Nasional yang berlangsung di Gedung Zamrud Khatulistiwa, Kamis (20/5/2021).

“Bagi para mantan-mantan atau alumni Covid-19, masyarakat Kalbar yang memang sudah pernah terjangkit covid, saya harap yuk kita sama-sama mendonorkan darah kita atau yang akan diubah menjadi plasma,” ujar Maman.

Anggota Komisi VII DPR RI ini mengatakan, donor plasma konvalesen yang dilakukan para penyintas Covid-19 sangat berarti bagi pasien yang masih terjangkit virus corona. Kontribusi penyintas diharapkan dapat membantu penyembuhan pasien Covid-19. Namun, ditegaskan Maman, menjaga protokol kesehatan juga merupakan bagian terpenting.

“Metodenya, darah kita akan diambil, diolah, diambil saripati darah kita, itu manfaatnya sangat besar untuk mereka yang terkena Covid-19. Karena kebetulan saya salah satu orang yang pernah terjangkit Covid-19 dan kebetulan kondisi saya sempat kritis. Artinya bukan OTG, kan banyak juga yang kena covid tapi OTG. Tapi bagi mereka yang kena Covid-19 di akhir ternyata kondisinya parah, ini yang harus kita jaga, karena bisa berdampak pada kematian,” jelas Maman.

“Salah satu cara yang memang bisa mempercepat penyembuhan Covid-19 adalah dengan menerima transfusi donor plasma. Saya karena kebetulan kemarin pada saat terkena Covid-19, saya salah satu yang mendapat donor plasma jadi saya merasa punya kewajiban juga untuk mendonorkan plasma saya kepada siapapun masyarakat yang terkena Covid-19,” timpalnya.

Ditegaskan Maman, tujuannya tak lain tak bukan ialah mengajak semua pihak bergandengan tangan. Sebab, Covid-19 hanya bisa dihadapi dengan semangat kebersamaan.

“Momentum Idul Fitri ini kita jadikan momentum untuk mengajak semua masyarakat tidak lagi berkeluh kesah, tidak lagi ribut-ribut, merasa paling benar, merasa paling salah, sekarang saatnya kita bersama-sama bergandengan tangan, kita hadapi penyakit ini semaksimal mungkin apapun yang kita miliki kita sumbangkan, kita bantu Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/kota untuk menghadapi Covid-19. Salah satu langkahnya adalah bagi kita penyintas Covid-19, yang sudah pernah terjangkit, kita donorkan plasma kita supaya bisa bermanfaat buat orang banyak,” tandasnya.

Rencananya, siang ini Maman akan mendatangi RSUD Soedarso Pontianak untuk menjalani donor plasma konvalesen.

Seperti diketahui Maman sempat terjangkit Covid-19 dan sempat mengalami masa kritis. Selama 21 hari dirinya menjalani proses isolasi secara ketat.

Comment

News Feed