Menikmati Pemandangan Sore Pinggiran Sungai Kapuas Bersama Blogger Borneo

Taman Alun Kapuas terletak tepat di pinggiran Sungai Kapuas menjadikan lokasi ini cukup asyik dikunjungi karena dapat melihat pemandangan langsung sungai yang dikenal terpanjang di Indonesia ini.

Untuk mencapai lokasi ini cukup mudah karena berada di kawasan tengah kota, bisa menggunakan jasa angkutan transportasi khusus seperti ojek ataupun taksi online yang sekarang sudah beroperasional di kota Pontianak.

Taman Alun Kapuas Pontianak berada di lokasi yang cukup strategis karena berada tepat diseberang Kantor Wali Kota Pontianak. Bagi yang berasal dari luar kota dapat menginap di hotel Kartika Dharma, letaknya tepat berada disamping Taman Alun Kapuas.

Sesekali disini juga diselenggarakan pertunjukkan musik dan pagelaran budaya pada momen-momen tertentu.

Selain bisa menikmati suasana tepian Sungai Kapuas, para pengunjung juga bisa merasakan suasana berkeliling Sungai Kapuas dengan menaiki kapal motor yang didesain khusus dapat membawa para penumpang. Terdapat dua bagian yaitu atas dan bawah.

Baca Juga :  Lintas Etnis dan Agama di Kalbar Sepakat Jaga Keberagaman dan Tolak Aksi Anarkis

Wisata Sungai Kapuas

Tak kalah serunya adalah para tamu akan diajak untuk menikmati pemandangan di sepanjang Sungai Kapuas ketika sore hari hingga menjelang malam dengan menaiki perahu kayu bertenaga mesin pendorong.

Sambil menyusuri sungai, para tamu juga bisa sambil menikmati cemilan-cemilan yang bisa dipesan sesuai selera. Disini bisa dianggap Sungai Kapuas sebagai objek wisata Kota Pontianak ke-11.

Sungai Kapuas atau sungai Kapuas Buhang atau sungai Batang Lawai (Laue) merupakan sungai yang berada di Kalimantan Barat. Sungai ini merupakan sungai terpanjang di pulau Kalimantan dan sekaligus menjadi sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai 1.143 km.

Nama sungai Kapuas diambil dari nama daerah Kapuas (sekarang Kapuas Hulu) sehingga nama sungai yang mengalir dari Kapuas Hulu hingga muaranya disebut sungai Kapuas. Sedangkan Kesultanan Banjar menyebutnya Batang Lawai yang mengacu pada nama daerah Lawie atau Lawai (sekarang Kabupaten Melawi).

Baca Juga :  Edi Kamtono Minta Warga Biasakan Diri dengan Kehidupan Normal Baru

Hal ini menyebabkan nama sungai yang mengalir dari Kabupaten Melawi hingga muaranya di sekitar kota Pontianak disebut Sungai/Batang Lawai.

Sungai Kapuas merupakan rumah dari lebih 700 jenis ikan dengan sekitar 12 jenis ikan langka dan 40 jenis ikan yang terancam punah. Potensi perikanan air tawar di sungai Kapuas adalah mencapai 2 juta ton. Hutan yang masih terlindungi dengan baik menyebabkan sungai Kapuas terjaga kelestariannya.

Silahkan menonton rekaman video mengenai pemandangan salah satu objek wisata kota Pontianak yaitu Wisata Sungai Kapuas. Disini Blogger Borneo menaiki kapal motor sembari menikmati hembusan angin Sungai Kapuas yang cukup menyentuh jiwa raga. Dijamin baper yang masih jomblo dan bagi yang membawa pasangan sah nya, dijamin dunia milik berdua.

Comment