Pontianak Akan Bangun Masjid Terapung

Pontianak Akan Bangun Masjid Terapung

Konsep Desain Bangunan Karya Arsitek Pontianak

KalbarOnline, Pontianak – Satu lagi landmark yang bakal mempercantik Kota Pontianak. Landmark itu berupa masjid terapung di tepian Sungai Kapuas yang digagas Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono. Meski baru sebatas konsep, rencana pembangunan masjid terapung diharapkan bisa terealisasi.

“Saya ingin ada tambahan karya arsitektur yang bisa menjadi salah satu landmark kota di tepian Sungai Kapuas berupa masjid terapung,” ujarnya, Jumat (14/5/2021).

Gagasan konsep pembangunan masjid di tepian sungai ini sebagai implementasi menyatu dengan lingkungan alam sehingga membuat ikatan kuat antara manusia dengan pencipta-Nya. Ditanya letak persisnya di mana, Edi bilang masih perlu dilakukan kajian lebih detail untuk menentukan titik yang tepat.

Baca Juga :  Buka Sarasehan LPTQ Pontianak, Edi: Guna Menciptakan Generasi Yang Qur’ani

“Berdirinya masjid terapung membawa filosofi yang dalam, utamanya habluminannas dan habluminallah,” ucap dia.

Masjid terapung tersebut memiliki desain arsitektur yang menarik dan berbeda dari lainnya. Desainnya tidak terlepas dari kehidupan di sepanjang tepian Sungai Kapuas dengan keberadaan rumah-rumah tepian sungai, aktivitas kapal bandong dan lainnya. Dinding-dinding didesain dengan celah-celah sedemikian rupa sehingga cahaya menembus di deretan saf tempat bersujud.

“Untuk desainnya kita menyerahkan pada arsitek Pontianak yang punya inovasi dan kepedulian terhadap ekowisata,” ungkap Edi.

Dalam akun Instagram pribadinya @edikamtono, Wali Kota Pontianak ini membagikan postingan konsep desain masjid terapung secara visual. Dalam visual tersebut, tampak bangunan masjid terbuat dari kayu berdiri megah di atas tepian sungai. Bagian-bagian tertentu pada dinding memiliki celah untuk masuk cahaya. Sementara jendela menggunakan jendela nako. Sedangkan bagian atapnya berbentuk kerucut dengan atap sirap. Sementara bagian teras masjid menghadap ke sungai, di mana bagian depannya bertangga-tangga.

Baca Juga :  Exit Block Kunci 1 Tiket Final Turnamen Mobile Legends Piala Gubernur Kalbar 2023

Postingan ini pun mendapat beragam tanggapan positif dari warganet. ‘MasyaaAllah karya anak Pontianak ini’ ucap akun @wrdhnova dalam komentarnya. Kemudian @deni_trimeriadi ‘Masya Allah canteknye mesjid ni’. Bahkan akun @ekobudiyanto berharap masjid terapung segera diwujudkan sebagaimana komentarnya, ‘Masya Allah Tabarakallah, semoga segera diwujudkan pak’. Akun @benk2_borneo menyambut baik gagasan ini dengan komentarnya ‘Keren pak ini baru terobosan lagi’. (J)

Comment