Kapuas Hulu Empat Kali Berturut-turut Sandang WTP

Kapuas Hulu Empat Kali Berturut-turut Sandang WTP

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu berhasil membukukan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang keempat kalinya secara berturut-turut setelah menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Kapuas Hulu tahun anggaran 2020 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menyampaikan terima kasih kepada BPK RI Perwakilan Provinsi Kalbar atas segala masukan, koreksi dan langkah-langkah perbaikan selama proses pemeriksaan.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya  atas segala masukan, koreksi dan langkah-langkah perbaikan selama proses pemeriksaan, namun dikarenakan kelemahan dan kekurangan kami dalam menyusun laporan keuangan pemerintah daerah sehingga masih terdapat temuan-temuan yang harus diselesaikan,” ujarnya usai menerima LHP LKPD Kabupaten Kapuas Hulu tahun anggaran 2020 di Aula Kantor BPK Perwakilan Provinsi Kalbar, Jumat (7/5/2021).

Baca Juga :  Bupati Jarot Harap Support Pemprov: Bantu Kita Jangan Cuma Marah Aja

Terhadap rekomedasi dan temuan dalam LHP, Bupati Kapuas Hulu menyampaikan telah membuat rencana tindak lanjut agar semua rekomendasi dan temuan dapat diproses dengan baik.

“Dalam rangka menindaklanjuti temuan-temuan tersebut kami telah menyusun rencana aksi (action plan) yang dalam implementasinya kami mohon bimbingan dan arahan dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat,” kata dia.

Kepala Perwakilan BPK RI Kalbar menyampaikan terima kasih atas kerjasamanya semua Kabupaten sehingga pelaksanaan LHP dapat berjalan lancar serta mengajak agar menjalankan pengelolaan keuangan secara transparan dan akuntabel.

Sementara Kepala Perwakilan BPK RI Kalbar juga berharap Pemerintah daerah harus lebih komprehensif dalam pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan serta dapat memperhatikan dengan serius rekomendasi BPK terhadap LHP masing-masing Kabupaten.

Baca Juga :  Wabup Wahyudi Hidayat Tinjau Tera Ulang SPBU Kedamin Darat: Pastikan Sesuai

Pada acara tersebut Bupati Kapuas Hulu mendapat kesempatan mewakili Kepala Daerah yang hadir untuk memberikan sambutan terkait penyerahan LHP atas LKPD TA 2020 oleh BPK RI Perwakilan Kalbar.

Acara Penyerahan LHP atas LKPD TA 2020 oleh BPK RI perwakilan Kalbar dihadiri oleh Kepala BPK RI Perwakilan Kalimantan Barat, Bupati Melawi, Bupati Sekadau, Wakil Bupati Sintang, Ketua/Wakil DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, Sintang, Melawi, Sekadau dan Ketapang serta didamping oleh Sekretaris Daerah dan Inspektur masing-masing Kabupaten.

Kegiatan diisi dengan penandatangan berita acara oleh Kepala BPK RI Perwakilan Kalbar, Bupati / Wakil Bupati masing-masing Kabupaten dan Ketua / Wakil Ketua DPRD masing-masing Kabupaten. Selanjutnya penyerahaan Dokumen LHP masing-masing Kabupaten kepada Bupati / Wakil Bupati dan Ketua / Wakil Ketua DPRD masing-masing Kabupaten.

Comment