by

Pemkot Pontianak Gelontorkan Bantuan Operasional RT/RW

Pemkot Pontianak Gelontorkan Bantuan Operasional RT/RW

2.635 RT dan 580 RW se-Kota Pontianak

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kota Pontianak mulai menggelontorkan bantuan operasional RT/RW se-Kota Pontianak untuk tahun anggaran 2021. Setiap RT dan RW masing-masing menerima bantuan dana operasional sebesar Rp1,5 juta per tahun yang bersumber dari APBD Kota Pontianak tahun 2021.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengatakan, bantuan operasional ini rutin diberikan setiap tahunnya. Ia berharap bantuan ini bisa bermanfaat untuk operasional perangkat RT/RW yang memberikan pelayanan kepada warganya.

“Mudah-mudahan ini bisa membantu sedikit banyak untuk operasional mereka,” ujarnya usai menyerahkan secara simbolis bantuan operasional RT/RW di Aula Kantor Camat Pontianak Timur, Selasa (4/5/2021).

Tahun 2021 ini, total jumlah penerima bantuan operasional RT/RW se-Kota Pontianak sebanyak 3.215, dengan rincian 2.635 RT dan 580 RW. Masing-masing kecamatan terdiri dari Pontianak Utara 556 RT dan 131 RW, Pontianak Barat 555 RT dan 104 RW, Pontianak Timur 405 RT dan 86 RW, Pontianak Kota 515 RT dan 120 RW, Pontianak Tenggara 190 RT dan 47 RW dan Pontianak Selatan 414 RT dan 92 RW. Penyerahan dilakukan secara simbolis di masing-masing kecamatan.

“Kita berharap bantuan operasional ini dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk kegiatan operasional RT/RW,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu pula, dia meminta seluruh perangkat RT/RW yang hadir untuk aktif dalam menangani pandemi Covid-19 di lingkungannya masing-masing.

“Peran RT/RW sangat dibutuhkan dalam menangani persoalan yang timbul akibat dampak pandemi Covid-19,” tutur Edi.

Ia menambahkan, hingga kini seluruh pihak berupaya semaksimal mungkin memutus mata rantai penyebaran Covid-19, termasuk pembentukan Satgas Covid-19 di tingkat RT/RW.

“Peran RT/RW menjadi dominan di lapangan dalam menjaga dan melindungi warganya agar tidak terpapar Covid-19,” terangnya.

Satu diantara penerima bantuan operasional RT/RW, Hasmi Abdul Razak, Ketua RW 05 Banjar Serasan Kecamatan Pontianak Timur mengaku senang dengan adanya bantuan ini. Terlebih menjelang Idulfitri yang sudah semakin dekat.

“Alhamdulillah, kami mengucapkan terimakasih atas bantuan yang memang ditunggu-tunggu oleh para RT/RW,” ucapnya.

Dirinya berharap bantuan ini bisa ditingkatkan kedepannya. Meskipun ia juga memaklumi kondisi saat ini di tengah pandemi Covid-19 pemerintah memiliki keterbatasan anggaran.

“Setidaknya bantuan ini sebagai wujud kepedulian Pemerintah Kota Pontianak terhadap kami selaku RT/RW,” imbuh Hasmi.

Camat Pontianak Timur, Ismail berharap bantuan operasional bagi RT/RW bisa bermanfaat dalam rangka menunjang operasionalnya.

“Semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan untuk mendukung operasional RT/RW selama ini,” sebutnya.

Ia mendorong seluruh RW di wilayah Kecamatan Pontianak Timur membentuk Satgas Covid-19 dengan beranggotakan masing-masing RT. Tiap-tiap RW dan kelurahan juga diharapkan memiliki unggulan masing-masing, mulai dari ketahanan pangan, tangguh protokol kesehatan dan sebagainya.

“Bahkan di Kelurahan Saigon Kompleks Griya Pratama mendapatkan penghargaan tingkat Kota Pontianak untuk Kampung Tangguh,” terangnya. (J)

Comment

News Feed