Panglima TNI Pastikan Seluruh Awak KRI Nanggala-402 Gugur

Panglima TNI Pastikan Seluruh Awak KRI Nanggala-402 Gugur

KalbarOnline, Nasional – Upaya Mabes TNI menyelamatkan 53 awak KRI Nanggala 402 yang terjebak di kedalaman 850 meter di perairan Bali Utara berakhir dengan duka.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam jumpa persnya di depan awak media di Base Ops Lanud Ngurah Rai, Minggu (25/4/2021) petang seperti dilansir KalbarOnline dari RadarBali mengatakan, seluruh awak kapal selam buatan Jerman tersebut telah meninggal dunia.

Baca Juga :  Profil Kapal Selam KRI Nanggala-402 yang Hilang Kontak di Laut Bali

Prajurit-prajurit terbaik itu telah gugur saat menjalankan tugas menjaga perairan Indonesia. Kepastian itu diperoleh Marsekal TNI Hadi Tjahjanto berdasar foto citra satelit bawah air menggunakan kamera.

“Berdasar bukti-bukti otentik yang didapatkan, dapat dinyatakan KRI Nanggala telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur,” ujar Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Orang nomor wahid di jajaran TNI ini memaparkan, beberapa bagian dari KRI Nanggala 402 juga telah ditemukan saat proses pencarian. Antara lain baju keselamatan awak kapal, kemudi vertikal belakang, jangkar, dan bagiar luar badan tekan.

Baca Juga :  Kapolri Baru Akan Hidupkan Pam Swakarsa, Munarman Ungkit Sejarah Kelam

“Atas nama prajurit dan keluarga besar TNI, selaku Panglima TNI saya sampaikan rasa duka cita sedalam-dalamnya kepada seluruh keluarga prajurit yang gugur. Semoga Tuhan yang maha besar memberikan keiklasan, kesabaran dan ketabahan,” tandasnya.

Comment