Pemerintah Pusat Bakal Bangun Jalan Layang Kalis-Putussibau

Pemerintah Pusat Bakal Bangun Jalan Layang Kalis-Putussibau

Wabup Wahyudi: Langkah menuju Kapuas Hulu HEBAT

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat memimpin pelaksanaan sosialisasi pembangunan jalan layang (Flyover) Kalis-Putussibau yang dilangsungkan di Dinas PU, Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu (24/4/2021).

Sosialisasi tersebut dilaksankan bersama pejabat daerah, Badan Pertanahan Nasional Kapuas Hulu serta beberapa dinas terkait dan pemilik tanah. Dalam kesempatan itu, Wabup Wahyudi menginformasikan pembangunan upaya penanganan banjir di ruas Jalan Semangut– Putussibau senilai Rp70 miliar yang bersumber dari dana pusat.

Untuk itu, dirinya meminta semua instansi terkait, khusus masyarakat yang akan terkena dampak pembangunan Jalan Layang di ruas Jalan Semangut-Putussibau tetapatnya di Kecamatan Kalis dan Kecamatan Putussibau Selatan mendukung pembangunan tersebut. Di mana, kata dia, Pemerintah Pusat dalam hal ini siap mengucurkan dana, asal pemerintah daerah siap menjamin soal pembebasan lahan.

Baca Juga :  Dewan Minta Pemda Kapuas Hulu Utamakan Daerah Yang Sangat Membutuhkan Tenaga Guru

“Kita harap agar bisa memudahkan semua proses dari persiapan hingga pembangunan nantinya,” ujarnya.

Menurut dia, pembangunan tersebut merupakan kesempatan emas bagi Kapuas Hulu mendapatkan pembangunan yang sangat bermanfaat. Di mana, kata dia, ruas jalan tersebut hampir setiap musim penghujan dipastikan tergenang air, sehingga menghambat jalur transportasi masyarakat.

“Dengan begitu tentunya masyarakat tidak perlu khawatir lagi, kalau banjir tidak bisa melewati jalan tersebut,” kata dia.

“Semoga pembangunan ini bisa memudahkan kita semua untuk menuju Kapuas Hulu HEBAT,” pungkasnya.

Kepastian pembangunan flyover ini juga disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Kabupaten Kapuas Hulu, Ana Mariana. Dia berujar, dana tersebut bukan dari pemerintah daerah, melainkan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Balai Pelaksana Jalan wilayah Kalimantan Barat.

Baca Juga :  Final Sepak Bola Porprov Kalbar XII, PSKH Kalah Adu Finalti versus PS Mempawah

“Saya dihubungi beberapa waktu lalu bahwa akan ada kucuran dana Rp70 miliar untuk penanganan banjir ruas jalan Putussibau-Semangut,” katanya.

Ana menyampaikan, jalan tersebut memang merupakan jalan nasional, jadi pihaknya sangat mendukung sekali dan berusaha untuk memfasilitasi semua hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan pembangunan jalan tersebut.

“Agar pembangunan tersebut bisa terlaksana dengan baik sebagaimana mestinya,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir perwakilan dari Kementerian Pekerjaan Umum SATKER Wilayah III Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Provinsi Kalimantan Barat.

Comment