Pemakaman Muslim Modern Hadir di Kubu Raya

Pemakaman Muslim Modern Hadir di Kubu Raya

KalbarOnline, Kubu Raya – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dan pihak pengelola pemakaman muslim melounching pemakaman dengan konsep modern yang sesuai dengan sunah dan hadist Rasullah SAW. Areal pemakaman yang diberi nama pemakaman Muslim Modern Raudhatul Baqi Memorial Park ini berlokasi di Jalan Parit Delima Desa Punggur Kecil Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menyambut baik keberadaan pemakaman modern di Kubu Raya terutama berlokasi di daerah yang sering terjadi kebakaran lahan pada saat musim kemarau.

“Persis sekali antara daerah pematang tujuh, punggur besar dan punggur kecil. Dengan adanya pemanfaatan ruang lahan secara baik ini justru menjadi bagus dilokasi itu, yang dahulunya dikenal sebagai daerah mudah terbakar. Citranya sekarang berubah daerah yang tenang dan damai,” ucap Bupati Muda Mahendrawan ditemui di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, dalam acara berbuka puasa bersama sekaligus lounching pemakaman modern, Senin (19/4/2021).

Baca Juga :  Bupati Muda Mahendrawan Puji Kiprah MABT di Kubu Raya

Menurut Bupati Muda Mahendrawan, daerah pemakaman bernuansa modern tersebut juga dapat menggerakkan perekonomian warga khususnya para pedagang kecil mikro karena lokasi pemakaman juga dibangun distinasi wisata religus.

“Tentunya ini ada efek terhadap para pelaku UMKM produktif pasti berdampak,” terang Bupati

Baca Juga :  Bupati Kubu Raya Keluarkan Edaran Pembatasan Kegiatan Masyarakat Saat Nataru

Sedangkan salahsatu pengurus pemakaman Muslim Modern Raudhatul Baqi Memorial Park, Andin Buhabzan mengungkapkan kawasan parit delima merupakan salahsatu daerah yang terdaftar di masterplan pembangunan strategis Kubu Raya.

“Parit delima ini disebut oleh masyarakat sebagai daerah punggung antara perbatasan daerah sungai raya dan kota Pontianak. Sehingga posisinya lebih tinggi dari kedua daerah itu, ini juga menjadi salahsatu syarat utama dalam membangun kawasan pemakaman,” jelas dia.

Lebih jauh jelas Andin menambahkan, daerah pemakaman Muslim Modern Raudhatul Baqi Memorial Park, memiliki luas 6,4 Hektar. Dengan daya tampung tiang lahat sebanyak 11.000 serta memiliki pola pemakaman produktif. (ian)

Comment