by

Kampung Sehat Merak Wujudkan Masyarakat Sehat dan Cerdas

Kampung Sehat Merak Wujudkan Masyarakat Sehat dan Cerdas

Nasyiatul Aisyiyah Bentuk Kampung Sehat Merak

KalbarOnline, Pontianak – Kampung Sehat Merak binaan Nasyiatul Aisyiyah di Gang Merak II Kelurahan Mariana Kecamatan Pontianak Kota diresmikan Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono. Dilaunchingnya Kampung Sehat Merak ini sekaligus dirangkaikan dengan kegiatan bakti sosial pembagian sembako bagi masyarakat sekitar serta layanan kesehatan gratis.

Edi mengapresiasi inisiasi Nasyiatul Aisyiyah yang membentuk lingkungan itu menjadi Kampung Sehat. Menurutnya, keberadaan Kampung Sehat ini memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar maupun lingkungannya. Sebab dengan masyarakat yang sehat dan cerdas, tentu akan tercipta lingkungan yang sehat pula.

“Kampung Sehat ini bisa menjadi role model bagi kawasan lainnya di Pontianak,” ujarnya usai melaunching Kampung Sehat di SD Muhammadiyah 03 Kelurahan Mariana Kecamatan Pontianak Kota, Sabtu (17/4/2021).

Ia mengatakan, komponen untuk mewujudkan kampung sehat yang adalah lingkungan dan masyarakatnya harus sehat, termasuk perilaku pola hidup sehat masyarakat. Hal ini secara parsial sudah diwujudkan Kampung Sehat Merak di bawah binaan Nasyiatul Aisyiyah. Namun perlu terus berkolaborasi dengan berbagai pihak. Untuk itu, dia berharap masyarakat terus aktif dalam mewujudkan kampung sehat ini dengan didukung RT/RW, lurah dan camat.

“Outputnya, tidak ada lagi masyarakat di lingkungan ini yang tidak sehat, sebagian besar sehat-sehat semua,” tuturnya.

Edi menilai Kampung Sehat ini menginspirasi dan memotivasi pihak lain dalam berkontribusi bagi kesehatan masyarakat. Dia berharap kegiatan ini tidak hanya sampai di sini saja, melainkan terus berkelanjutan.

“Sehingga dengan dilaunchingnya Kampung Sehat ini akan menuju masyarakat yang cerdas,” imbuhnya.

Ketua Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Kota Pontianak, Ufi Ruhamah menjelaskan, selama ini pihaknya melaksanakan kegiatan bakti sosial, pembagian bantuan sembako pada warga setempat serta layanan pemeriksaan kesehatan gratis. Berlatar belakang itulah, Nasyiatul Aisyiyah Kota Pontianak membentuk Kampung Sehat Merak bekerjasama dengan Kitamura, Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pontianak, Nasyiatul Aisyiyah dan warga setempat didukung RT/RW serta lurah dan camat setempat.

“Alhamdulillah kampung sehat ini bisa kita wujudkan,” ucapnya.

Dalam melaksanakan kegiatan ini, pihaknya juga bersinergi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, dan selanjutnya Dinas Kesehatan Kota Pontianak.

“Peran Pemkot Pontianak dalam hal ini cukup besar sekali sehingga Wali Kota berkenan hadir,” sebut Ufi.

Berbagai aktivitas yang menjadi program Kampung Sehat dilaksanakan secara berkelanjutan. Mulai dari layanan pemeriksaan kesehatan gratis, pembagian sembako, khitanan massal dan edukasi kesehatan.

“Kami juga akan memberikan pendidikan bagi anak-anak lingkungan sekitar khususnya di RW 08 Kelurahan Mariana,” ungkapnya. (J)

Comment

Terbaru